Today

Lahan Hijau di Pasar Cibeber Dibangun Kios, Ini Penjelasan Diskoperdagin

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Lahan terbuka hijau di dekat Pasar Cibeber beralih fungsi menjadi kios dan fasilitas lain. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra.

“Yah memang betul lahan tersebut kini telah dibangun menjadi beberapa kios untuk para pedagang Pasar Cibeber,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (22/6/2021).

Ia mengatakan hal tersebut bukan alih fungsi lahan melainkan pemanfaatan lahan karena dinilai kumuh dan banyak sampah berserakan.

“Jadi untuk informasi, lahan hijau pada saat kami lakukan pengecekan kondisinya kumuh sudah tidak hijau lagi. Banyak sampah berserakan makanya kami manfaatkan untuk lahan pasar baru,” kata dia.

Mengenai pemanfaatan lahan terbuka hijau, pihaknya sudah membicarakan hal tersebut kepada pengurus dan pedagang pasar.

“Kami sudah duduk bersama musyawarah perihal ini. Ternyata dari mereka mengatakan, daripada lahan tersebut tidak terurus, kotor, dan kumuh jadi sebaiknya dimanfaatkan saja,” tegasnya.

Kepala K5 Pasar Cibeber, Sony, mengatakan pemanfaatan tersebut dilakukan untuk menertibkan agar tidak ada lagi kesemerawutan di Pasar Cibeber.

“Kami hanya berusaha menertibkan kesemerawutan pasar. Di antaranya telah kami lakukan musyawarah dengan para pedagang, termasuk pemanfaatan lahan hijau tersebut,” ungkapnya.

Hal tersebut menurutnya dilakukan pihak pasar untuk mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cianjur.

“Kalau fasilitas penunjang bagus gak semrawut itu kan akan membuat pasar ramai dikunjungi karena pengunjung merasa nyaman. Tentunya untuk mendorong pendapatan asli daerah agar lebih baik lagi,” tandasnya.(ct10/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button