Today

Lakukan Revitalisasi, Diskoperdagin Ingin Pasar Cipanas Ber-SNI

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM, dan Industri (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur mengusahakan agar pasar di Cianjur tetap berkembang. Hal itu dilakukan salah satunya dengan melakukan revitalisasi pasar. Pasar Cipanas misalnya, yang sedang disiapkan agar menjadi pasar dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Mudah-mudahan pasar Cipanas tahun sekarang bisa menjadi pasar yang sesuai dengan standar nasional nanti itu bisa dijadikan contoh. Misalnya sesuai standar dari mulai pelayanan ketertiban dari mulai kebersihan sesuai standar.” kata Kepala Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra, baru-baru ini.

Untuk pasar lain, Tohari mengatakan tetap akan mengacu pada pasar Cipanas yang digadang menjadi contoh pasar dengan SNI. Minimal pasar yang lain dapat mendekati standar.

“Pasar yang lain kita mengarah ke sana. Kita akan coba Pasar Cipanas dulu, kalau pasar Cipanas ini bisa jadi pasar SNI nanti pasar yang lain bisa belajar dari sana. Minimal mendekati seperti Pasar Cipanas.” tambahnya

Di sisi lain, ia pun menuturkan permasalahan pedagang yang berjualan di luar pasar atau di daerah terlarang. Menurutnya, hal itu memang menjadi dilema tersendiri. Di satu sisi, pihaknya ingin pasar berkembang tapi masyarakat ingin serba dekat dengan penjual.

“Kita gak bisa menahan, kecuali memang tempatnya dilarang misalkan di trotoar. Tapi tempat-tempat yang lain kalau memang di tempat tanah bersangkutan kita tidak bisa melarang,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan berupaya bagaimana agar pasar di Cianjur bisa maju. Para konsumen bisa datang berbondong-bondong beli produk ke pasar. “Mungkin dari segi pasangan itu sendiri dari mulai kebersihan kenyamanan para konsumen itu harus dijaga,” tandasnya.(afs/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button