Today

Lapas Cianjur Over Kapasitas 250 Persen

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Cianjur over kapasitas hingga 250 persen. Meski begitu, kondisi lapas saat ini masih kondusif.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan, Yulius Junhertantanto, mengatakan penghuni dominan narapidana umum dan narkotika. Perlu penambahan bangunan atau penambahan sistem penahanan.

“Hari ini jumlahnya 851 tahanan dan narapidana sedangkan kapasitasnya hanya 353. Itu overnya hampir 250 persen,” ujarnya pada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Lapas Cianjur juga menggelar teleconfrence Resolusi Pemasyarakatan 2020 di hari yang sama. Ada sejumlah target pencapaian di tahun 2020. Midalnya usulan PB (Pembebasan Bersyarat) sebanyak 134 orang. Untuk PP 99 yaitu pidana khusus seperti tipikor atau narkotika targetnya 28 orang.

“Usulan CMB (Cuti Menjelang Bebas), 5 orang. Lalu, asimilasi kerja sosialz 38 orang, Dan PNBP untuk tahun 2020, Rp3,5 juta targetnya” tuturnya.

Ia mengatakan, dalam mengupayakan pengurangan penghuni lapas, hal-hal kecil tak harus membuat orang lain masuk ke lapas.

“Tapi, walau bagaimanapun kami perlu persamaan persepsi dengan penegak hukum lain. Jadi mau gak mau lapas ini harus bersedia kalau ada vonis dan ini menjadi beban,” kata dia.

Dengan demikian, lanjut Yulius, pihaknya memiliki Clash Program yaitu program agar narapidana bisa bebas dengan cepat. “Dan itu dijamin Badan Pemasyarakatan (Bapas),” katanya.

Selain itu, Lapas Kelas II B Cianjur ini mewajibkan seluruh narapidananya untuk mengikuti kegiatan keterampilan yang ada.

“Seperti pembuatan sapu ijuk, peternakan ayam, mebeler, pertanian, kaligrafi semua napi wajib mengikuti yang tidak wajib itu tahanan. Sebagai bekal untuk di luar,” ungkapnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button