Today

Latih Kemandirian, Sejumlah Disabilitas Ikuti Pelatihan Keterampilan

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti pelatihan keterampilan di Wisma Pandawa Kemensos Cipanas Cianjur. Kegiatan tersebut dihelat selama tiga hari sejak Rabu hingga Jumat (21-23/10/2020).

Dari Kecamatan Ciranjang, ada lima orang warga Desa Mekargalih yang turut andil pada pelatihan kemandirian tersebut. Mereka adalah Dedi Hermansyah, Nanang Benyamin, Dewi, Rizal, dan Jujun.

Kepala Desa Mekargalih Taryat Bibrata membenarkan hal itu. Pihaknya mengaku memfasilitasi warganya mengikuti pelatihan tersebut guna mendapatkan keterampilan dan mengikuti kegiatan yang menghasilkan secara ekonomi.

“Hasilnya minimal akan mampu membiayai hidup dirinya sendiri atau meringankan beban hidup mereka. Dalam pelaksanaannya, kami antar jemput semua peserta,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (22/10/2020).

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Dedi Hermansyah mengatakan, sebelum menderita disabilitas, ia pernah menjadi Ketua RT 01/03 Kampung Pasir Kihiyang Desa Mekargalih Ciranjang yang bekerja sebagai tukang servis elektronik dan tukang jahit pakaian. Namun sekitar tujuh tahun lalu, ia mangalami stroke.

“Tubuh saya tidak bisa bergerak saat itu dan saya hanya bisa berbaring di atas kasur beberapa tahun. Pada tiga tahun lalu stroke-nya sembuh namun tubuh menjadi cacat, sehingga berjalan kaki dengan menggunakan tongkat kayu,” ungkapnya.

Dedi mengaku, untuk hidup sehari-hari, ia terpaksa mengemis dengan ditemani atau meminta bantuan orang yang dikenalinya. Ia lakukan hal itu hanya sekadar untuk mencari sesuap nasi.

Saat mendengar adanya pelatihan keterampilan, Dedi mengaku langsung tergerak untuk mengikutinya. “Ya, saya diajak kepala desa dan langsung daftar. Semoga dari mengikuti pelatihan saya bisa mendapatkan keterampilan dan berhenti mengemis,” pungkasnya.(ct5/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami