Today

Lebarkan Sayap, DKC Luncurkan Berbagai Program Kesenian Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dewan Kesenian Cianjur (DKC) meluncurkan sejumlah program yang akan dilakukan selama 2021, Jumat (19/3/2021). Salah satunya adalah pementasan teater saturuh yang merupakan pementasan pertama selama pandem Covid-19 di Cianjur.

Ketua DKC, Yusuf Gigan ,menjelaskan, program lain yang diluncurkan adalah Festival Virtual Kompetisi Talenta 2021. Diharapkan, dengan program tersebut kesenian di Cianjur bisa lebih hidup.

“Dan DKC menjadi ruang publik berkreatifitas di Kabupaten Cianjur tentu ini penting bagi kita sebagai proses pendidikan karakter dan penarapan tiga pilar budaya. Karena mungkin Cianjur sekarang memiliki perda tiga pilar budaya dan itu penting untuk direalisasikan.” tutur dia kepada Cianjur Today, Jumat (19/3/2021).

Salah satu prioritas DKC dalam pengembangan kesenian di Cianjur adalah perbaikan infrastruktur Gedung DKC. Mulai dari aula, tempat diskusi, hingga berencana membuat galeri seni, tempat kerja seniman, dan pujasera

“Dan prrioritas ini diarahkan pada komuitas anak muda untuk berkreatifitas dan berkarya,” jelas dia.

Dalam mewujudkan hal itu, peletakan batu pertama pun dilakukan sebagai tanda pembangunan sudah dimulai. Dengan didampingi Asda 1, hal ini menjadi bukti DKC mulai berjalan.

“Mudah-mudahan pemerintahdan DKC bisa lebih bersinergi dan memahami bahwa DKC hadir sebagai fasilitator untuk memberdayakan kesenian di Cianjur dan tentu memerlukan kebijakan yang strategis. Harapannya, bisa mulai dianggarkan program-program DKC karena tidak mungkin kegiatan itu hadir tanpa pendanaan,” ujar dia.

Apresiasi Positif

Sementara itu, Asda 1, Asep Suparman menjelaskan, beberapa tahun lalu DKC belum punya program yang maksimal dan kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur mendukung penuh program DKC.

“Ini menjadi apresiasi positif karena ini menjadi wadah para seniman untuk menyampaikan karya di Cianjur oleh karena itu Pemda menyambut baik dan bermitra dengan DKC untuk melaksanakan program DKC di tahun 2021,” ucap dia.

Asep berharap DKC bisa terus eksis dan memberikan inovasi. Terlebih, banyak kaum milenial yang ikut andil bersama DKC, terbukti dengan pementasan teater saturuh.

“Pemda tentu mendukung sepenuhnya para seniman dan budayan karena cukup membanggakan seniman Cianjur sudah bisa ke mancanegara. Malah pasanggiri Cianjur juga digelar oleh kabupaten lain dan harapannya kegiatan itu bisa eksis lagi dan harus ditampilkan oleh DKC,” tandasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button