Berita

Ledakan Besar Guncang Lebanon

Ledakan besar Guncang Lebanon
Foto: Ilustrasi

CIANJURUPDATE.COM, Beirut – Dua kali ledakan besar mengguncang Beirut ibu kota negara Lebanon. Setidaknya sepuluh orang meninggal, puluhan mobil dan rumah rusak, serta ratusan orang mengalami luka- luka. Ledakan itu terjadi di sekitar area pelabuhan kota Beirut, Selasa (4/8/20) waktu setempat.

Dikatakan saksi mata, ledakannya begitu hebat. “Saya kira akan mati, suara ledaknya memekak ditelinga,” katanya, dikutip dari BBC.com

Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hasan mengatakan, ada banyak korban luka dan menyebabkan kerusakan besar di sebagian kota Beirut. “Beberapa bangunan rusak parah, banyak korban terluka di area reruntuhan. Dan rumah sakit terdekat kewalahan menangani korban dalam insiden tersebut.”

Video dari lokasi kejadian memperlihatkan, saat terjadi ledakan pertama asap tebal membumbung ke angkasa. Kemudian terjadi ledakan kedua yang jauh lebih besar, yang mengakibatkan hancurnya beberapa bangunan. Dan terihat pula kendaraan yang rusak parah berserakan.

Hingga Selasa malam waktu setempat belum diketahui sebab-sebab ledakan. Beberapa laporan media setempat menyebutkan, ledakan tersebut mungkin terjadi di gudang pabrik kembang api. Laporan lain menyebutkan insiden terjadi di area gudang yang menyimpan bahan-bahan yang mudah meledak.

Ledakan terjadi ketika Lebanon tengah dililit krisis ekonomi, situasi yang memicu ketegangan politik.(der)

Exit mobile version