Tips, Trik, dan Tutorial

Lengkap! Berikut Doa dan Tata Cara Salat Hajat

CIANJURTODAY.COM – Berikut adalah doa dan tata cara salat hajat. Setiap manusia pasti selalu mempunyai keinginan. Baik itu ingin selalau mendapat perlindungan, ingin dikabulkan harapan, atau bahkan ingin segera dipertemukan dengan jodoh.

Keinginan-keinginan tersebut dikatakan sebagai hajat. Dalam Islam terdapat shalat hajat, dikhususkan untuk memohon berbagai keinginan kepada Allah SWT.

Melaksanakan salat hajat boleh kapan pun, selama tidak dalam waktu terlarang untuk salat. Namun, dianjurkan pada sepertiga malam karena diyakini menjadi saat yang mustajab untuk meminta berbagai hal.

Seperti yang dikutip dari Detik, cara-caranya sama dengan melaksanakan salat wajib. Bedanya terletak pada niat dan doa di dalamnya.

Tata Cara Salat Hajat

Salat hajat dilakukan antara 2 hingga 12 raka’at dengan salam di setiap 2 raka’at. Ikuti tata cara lengkapnya berikut ini.

• Niat
Melaksanakan shalat hajat diutamakan berniat yang sesuai. Niat dilantunkan secara perlahan dan diyakini sepenuhnya oleh hati. Berikut niatnya:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillahi ta’ala)

Artinya:
Aku berniat shalat hajat sunnah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala

• Membaca Doa Iftitah dan Al-fatihah

• Membaca Surat Pendek
Dengan membaca surat Al-Ikhlas atau surat Al-Kafirun sebanyak 3 kali pada rakaat pertama. Pada rakaat kedua membaca ayat kursi atau Al Ikhlas.

• Ruku dengan tuma’ninah
• I’tidal dengan tuma’ninah

• Sujud dengan bacaan tuma’ninah

• Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

• Sujud kedua dengan tuma’ninah

• Melakukan rakaat kedua, sama halnya dari awal tadi.

• Salam.
• Setelah salam melakukan sujud dengan maksud “tadzallul” (merendahkan diri pada Allah). Pada saat sujud membaca tasbih berikut:

subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim” ( sebanyak 10 kali.)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa ali sayyidina muhammad (sebanyak 10 kali.)

•Terakhirnnya membaca doa sapu jagad. “rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’ahirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar.” (sebanyak 10 kali.)

Doa Salat Hajat

Selesai melaksanalan sholat hajat, dianjurkan untuk membaca doa sholat hajat. Dalam cara sholat hajat, dilakukan sebelum mengucapkan doa atau keinginan yang ingin dikabulkan oleh Allah SWT dianjurkan membaca beberapa bacaan:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

(Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.)

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan  rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

Keutamaan Shalat Hajat

Seperti yang dikutip dari iNews, shalat hajat ini memiliki keutamaan yang begitu banyak. Di samping bermohon keinginan kepada Allah SWT. Salat hajat memiliki banyak keutamaan lainnya.

Lebih Dicintai Allah

Meskipun merupakan ibadah sunnah, melakukan ibadah-ibadah sunah seperti ini akan mendatangkan kecintaan Allah. Disampaikan dalam hadis Bukhari yang mengatakan, bahwa.

“Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

Derajatnya Ditinggikan

Dengan memperbanyak salat, seorang hamba akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Seperti pada hadis berikut ini.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu” (HR. Muslim)

Dosanya Diampuni

Dengan memperbanyak salat, seorang hamba juga akan diampuni dosanya oleh Allah. Selain shalat wajib, salat sunat pun sangat dianjurkan untuk selalu melaksanakan shalat sunat pula.

Hajatnya/Keinginan Dikabulkan

Karena merupakan shalat untuk meminta hajat keutamaan khusus salat hajat. Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mengutip hadits shahih dari Abu Darda RA bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat (HR. Ahmad).

Jika memiliki keinginan, hendaklah shalat hajat kita lakukan sekarang. Karena sesunguhnya Alhah maha pengasih dan penyang.(ct4/rez)

Diolah dari berbagai sumber | Foto: Pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker