Today

Lepi Ali Firmansyah Bikin Cianjur Cantik Lewat Gerakan Go Green

CIANJURTODAY.COM, Cilaku – Gerakan Go Green bersama Lepi Ali Firmansyah masih berlanjut. Kali ini pria yang akrab Kang Lepi, membagikan ribuan bibit pohon kepada warga di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Minggu (15/09/2019).

Kang Lepi berpendapat, bahwa pembangunan bukan hanya sekedar infrastruktur semata. Melainkan, pelestarian lingkungan alam juga bagian dari sebuah pembangunan bagi bangsa dan negara.

“Menjaga, melestarikan lingkungan agar menyeimbangkan ekosistem juga merupakan bentuk pembangunan,” jelasnya.

Diet Plastik untuk Cianjur Cantik

Sebelumnya, Lepi Ali Firmansyah menginisiasi gerakan Diet Plastik untuk Cianjur Cantik melalui kegiatan ‘Go Green Bersama Kang Lepi’ pada Minggu (01/9/2019).

Lepi mengatakan kegiatan ini merupakan gerakan pelestarian alam sekaligus kepedulian terhadap lingkungan Kota Cianjur.

“Sebuah gerakan untuk melestarikan alam sekaligus kepedulian terhadap lingkungan yang ada di Kota Cianjur. Kami mengajak masyarakat untuk diet plastik karena plastik memiliki dampak yang tidak baik untuk lingkungan,” ujarnya saat diwawancara, Minggu (1/9/2019).

Kang Lepi menjelaskan mengenai sejumlah dampak yang dapat ditimbulkan ketika penggunaan plastik terlalu banyak dan tidak terkendali.

“Dampaknya, satu dapat memicu perubahan iklim. Produksi plastik dapat menghasilkan karbon dan oktan yang menyebabkan kerusakan bumi. Plastik pun dapat merusak lingkungan karena merupakan barang sekali pakai. Plastik juga kerap dikonsumsi oleh hewan, membuat saluran air mampet, dan mencemari karena sering dibuang ke sungai,” tuturnya.

Selain itu, Lepi menuturkan bahwa pengelolaan sampah plastik saat ini belum terlalu baik. Terlebih dengan segala bahayanya terhadap manusia.

“Mengelola sampah plastik saat ini belum terlalu baik, kebanyakan itu dibakar, namun ketika plastik dibakar, plastik akan mrnghasilkan racun yang berbahaya,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak Lepi tengah membagikan tote bag atau kantong berbahan dasar kanvas kepada warga. Hal tersebut dilakukan dalam upaya meminimalisir penggunaan plastik.

“Mari kita kurangi penggunaan plastik. Selain merusak lingkungan, plastik juga tidak baik untuk kesehatan manusia. Contohnya saat kita gunakan untuk mengemas makanan. Zat berbahaya pada plastik bisa berpindah pada makanan kita,” kata dia.

Lepi mendorong pemerintah dalam upaya mengurangi penggunaan plastik di lingkungan Cianjur. “Sedikit demi sedikit menggunakan tote bag dalam segala hal itu lebih baik. Untuk itu, kami mendorong pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik.” pungkasnya.(rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami