Liburan Kemana Hari Ini

Libur Panjang, KRC dan Wisata Alam Sevillage Ramai Dipadati Pengunjung

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Memanfaatkan momen libur panjang, para pengunjung nampak memadati area wisata Kebun Raya Cibodas (KRC) dan Wisata Alam Sevillage Cipanas.

Kepadatan sudah terjadi sejak Sabtu (26/2/2022) hingga hari ini, Senin (28/2/2022) yang bertepatan dengan libur peringatan Isra Miraj.

Keramaian di berbagai wisata di Cianjur ini dapat terlihat dari kemacetan yang terjadi di jalur Cipanas-Puncak.

RAMAI: Para wisatawan ramai memadati area Kebun Raya Cibodas untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. (Foto: Rendi Irawan/cianjurtoday.com)

General Manager PT Natura Raya, Marga Agrianto mengatakan, libur long weekend ini cukup berdampak pada peningkatan wisatawan yang datang khususnya ke Kebun Raya Cibodas (KRC).

“Alhamdulillah, pengunjung KRC cukup ramai. Walaupun masih di masa pandemi dan Cianjur PPKM Level 2 kemarin cukup anjlok. Tapi di weekend ini, tingkat kunjungan kembali naik,” ujar Marga saat dihubungi Cianjur Today.

Menurutnya, dibandingkan weekend minggu lalu, weekend kali ini mengalami meningkatkan. Minggu kemarin kenaikan hanya 20 persen dan untuk minggu ini naiknya 30 hingga 40 persen.

“Kalau minggu kemarin pengunjung itu hanya sekitar 2.000 pengunjung, tapi sekarang ada peningkatan menjadi 2.700 pengunjung dari luar Cianjur maupun dalam Cianjur,” ungkapnya.

Dalam penerapan pencegahan Covid-19 di KRC, pihaknya sudah berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan protokol kesehatan di berbagai sudut area wisata.

“Kami terus menerapkan prokes Covid-19 dengan baik. Mulai kita memasang aplikasi pedulilindungi, wajib memakai masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, menjaga jarak, dan lain sebagainya,” terangnya.

Ia mengatakan, telah memiliki tim satgas internal untuk penanggulangan penyebaran virus Corona, terutama untuk varian terbaru Omicron di wilayah objek wisata kebun raya.

“Jadi Satgas Covid internal ini memang tetap kami siapkan. Terutama security, setiap satu jam sekali akan keliling memonitor para wisatawan,” sebutnya.

Selain itu, pihaknya pun terus memberikan edukasi kepada pengunjung agar terus patuh prokes dan mentaati aturan di area wisata KRC.

“Kami juga terus mengimbau kepada wisatawan rombongan untuk tetap menjaga jarak atau minimal tidak berkerumun. Pengetatan inipun berlaku bagi para pegawai,” ucapnya.

Wisata Alam Sevillage Juga Ramai Pengunjung

Terpisah, Wisata Alam Sevillage pun turut mengalami kenaikan pengunjung terutama selama long weekend ini.

“Alhamdulillah di long weekend kali ini terlihat cukup banyak pengunjung yang mendatangi Sevillage. Berbeda dengan weekend minggu lalu, pengunjung sekitar 700 dan di minggu ini ada kurang lebih 1.500 pengunjung,” ujar Manager Marketing Wisata Alam Sevillage, Adi Permana.

Menurut Adi, banyaknya pengunjung di Sevillage ini terlihat dari Jalan Raya Cipanas Puncak yang mengalami kemacetan total.

“Hal tersebut menjadi imbas baik bagi Sevillage, karena banyak wisatawan yang akhirnya melipir ke Sevillage,” imbuhnya.

Namun demikian, lanjutnya, pengetatan protokol kesehatan terus berjalan dan pihaknya telah memasang barcode Aplikasi Pedulilindungi bagi pengunjung yang masuk.

“Mudah-mudahan, pandemi ini cepat berakhir dan perekonomi di sektor wisata bisa kembali bangkit seperti dulu lagi,” tutupnya.(ren/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button