Gaya Hidup

Lima Makanan yang Dapat Menjadi ‘Obat’ Penurun Darah Tinggi

CIANJURTODAY.COM – Obat darah tinggi tidak hanya berupa obat kimia. Beberapa makanan tertentu ternyata juga bisa menjadi obat penyakit ini. Darah tinggi atau Hipertensi tidak hanya menyerang orang dewasa, para anak muda juga memiliki resiko penyakit ini.

Ada banyak cara untuk menurunkan darah tinggi. Salah satunya melalui pola makan yang sehat. Dikutip dari Kompas, beberapa makanan berikut dapat kamu konsumsi, sebagai obat penurun berat badan. Apa saja, sih? Berikut ulasannya!

Bawang Putih

Tumbuhan satu ini sudah terkenal sebagai bahan dapur, tapi ternyata bawang putih juga ampuh untuk menurunkan darah tinggi. Bawang putih dapat menjadi antibiotik alami, dan juga meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat inilah yang dapat membantu melebarkan dan melemaskan pembuluh darah, yang berdampak pada penurunan tekanan darah tinggi.

Pisang

Buah satu ini memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Pisang mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan serupa yang tinggi potasium adalah tomat, jamur, tuna, alpukat, ubi, dan sebagainya.

Tempe

Sering jadi ikon kudapan sederhana, rupanya tempe kaya akan khasiat dalam menurunkan darah tinggi. Kandungan probiotik yang ada pada tempe tidak hanya baik untuk penurun darah tinggi. Tetapi juga berguna untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga sebagai makanan penurun darah tinggi.

Makanan fermentasi lainnya juga bisa kamu konsumsi jika tidak menyukai tempe, misalnya youghurt.

Semangka

Selanjutnya adalah semangka, buah segar ini juga baik untuk obat darah tinggi. Tidak kandungan air yang banyak untuk pelepas dahaga. Namun kandungan asam amino citrulline yang ada dalam semangka, mampu meningkatkan produksi oksida nitrat.

Ikan

Makanan terakhir berasal dari hewani, ikan dengan kandungan omega-3 dapat membantu menurunkan darah tinggi. Omega-3 mampu mencegah peradangan dan menurunkan tekanan darah, ikan-ikan tersebut juga mengandung Vitamin D yang berkontribusi dalam menurunkan darah tinggi. Ikan yang kayak akan omega-3 salah satunya adalah ikan Salmon dan Makarel.

Nah itu dia lima makanan, yang dapat menjadi obat darah tinggi. Semua obat di atas dapat anda temukan dengan mudah. Semoga bermanfaat!(ega/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks