Pendidikan

Lindungi Pelajar Dari Covid-19, UN 2020 Dihapus

CIANJURTODAY.COM – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 dihapus atau ditiadakan, akibat mewabahnya Covid-19 atau Virus Corona di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, usai rapat dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

“Barusan selesai rapat daring dengan Mendikbud dan jajaran. Salah satu yang kita sepakati Ujian Nasional (UN) SD, SMP, dan SMA ditiadakan,” tulisnya melalui instagram @SyaifulHooda, Senin malam (23/03/2020).

Mulanya, jadwal UN SMA harus dilaksanakan pada 30 Maret. Begitu juga UN SMP yang harus dijadwalkan paling lambat akhir April mendatang. Tindakan ini diambil karena penyebaran wabah Covid-19 atau virus corona diprediksi akan terus berlangsung hingga April.

Maka tidak mungkin dilaksanakan, karenan nantinya siswa berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19. Oleh karenanya sepakat UN dihapus di tahun 2020 ini.

“Dari hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud, persetujuan UN SMP dan SMA ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19,” ujar Syaiful dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (24/03/2020) seperti dikutip dari Republika.

Meski tahun ini di Indonesia ada 7.072.442 peserta UN dari total 85.959 unit sekolah penyelaggara di 531 kabupaten/kota di 34 provinsi. Namun, politikus PKB ini menilai, pelaksanaan UN cukup diganti dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Nantinya pelaksanaan USBN ini diserahkan kepada masing-masing sekolah sesuai dengan kondisi dan perkembangan.

“Kami sepakat bahwa opsi USBN ini hanya bisa dilakukan jika dilakukan secara daring, karena pada prinsipnya kami tidak ingin ada pengumpulan siswa secara fisik di gedung-gedung sekolah.” kata Saiful, seperti yang dikutip dari INews.

Meskipun telah diambil keputusan tersebut, hasil UN SMK yang telah digelar selama empat hari, mulai Senin 16 hingga Kamis 19 Maret 2020 pekan lalu tetap akan dijadikan standar kelulusan.(ct4/rez)

Dirangkum dari berbagai sumber | Foto: Instagram @Syaiful Hooda

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker