Today

Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Bakal Digelar Sore Ini

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Pelaksanaan sidang isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1442 Hijriah akan digelar sore ini, Selasa (11/5/2021).

Agenda sidang akan dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, karena masih pandemi, sidang isbat digelar secara terbatas (daring dan luring).

“Kemenag hari ini, Selasa (11/5/2021) akan gelar Sidang Isbat penetapan Hari Raya Idul Fitri atau awal Syawal 1442 H/2021 M,” ujar Kamaruddin mengutip Suara.com, Selasa (11/5/2021).

Berdasarkan jadwal, sidang akan dimulai dengan mendengarkan seminar posisi hilal penentu 1 Syawal 1442 Hijriah oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 Wib.

Kemudian sidang awal Isbat akan dipimpin Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pukul 18.00 Wib setelah Shalat Maghrib.

Adapun sidang hanya diikuti undangan dan bersifat tertutup. Selanjutnya pada pukul 19.15 dilanjutkan telekonferensi Pers Pengumuman Hasil Sidang Isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri atau awal Syawal 1442 H.

Kamaruddin menuturkan, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), baik untuk peserta sidang maupun media. Sebab, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

“Kemenag bekerja sama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI,” kata Kamaruddin.

“Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming,” lanjutnya.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

Untuk di DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

Untuk menyaksikan live streaming sidang isbat Idul Fitri 1442 H, anda dapat mengakses beberapa link berikut ini.

Link live streaming sidang isbat Idul Fitri 1442 H via YouTube Kemenag

Link live streaming sidang isbat Idul Fitri 1442 H via Instagram Kemenag

Link live streaming sidang isbat Idul Fitri 1442 H via Facebook Kemenag

Sebelumnya juga diberitakan, melalui Surat Edaran Nomor SE 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid-19, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatur bahwa malam takbiran hanya dapat dilakukan di masjid atau mushola dengan membatasi jumlah orang yang hadir.

Di dalam surat edaran tersebut juga menyebutkan bahwa malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid dan mushola. Tentunya dengan ketentuan yang harus dipatuhi.

Pertama, malam takbiran dapat dilaksanakan secara terbatas, yaitu maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan mushola, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Kemudian, kegiatan takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi adanya keramaian.

Selain itu, kegiatan takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan mushola sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi.(sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks