Tips, Trik, dan Tutorial

Login Cekbansos.kemensos.go.id untuk Tahu Penerima PKH, BST, dan BPNT

Login cekbansos.kemensos.go.id untuk cek penerima bantuan sosial (bansos) PKH, BST, atau BPNT.

Hal ini dilakukan agar maayarakat bisa mengetahui apakah dirimya menerima bansos atau tidak. Selain itu bisa memantau siapa saja yang menerima bantuan.

Melalui laman ini, masyarakat bisa cek siapa penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Login cekbansos.kemensos.go.id

Caranya sangat mudah. Anda tinggal login cekbansos.kemensos.go.id lalu mengisi beberapa data.

Seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan tempat tinggal. Setelah itu isi nama lengkap sesuai KTP dan isi kode verifikasi yang tertera.

Sangat mudah bukan? Tentunya dengan cara ini masyarakat bisa memantau dan mengetahui apakah dirinya menjadi penerima bansos atau tidak.

Adanya laman ini diharapkan dapat memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bansos. Kementerian Sosial pun akan mengevaluasi secara berkala.

Cek Penerima BPUM Bank BNI dan BRI

Selain ketiga bansos itu, masyarakat juga bisa ecek penerima BPUM lewat Bank BNI dan Bank BRI, lengkap dengan syarat dan cara daftar BLT UMKM 2021.

Untuk Bank BNI, Anda bisa login segera link Banpres BPUM di banpresbpum.id untuk tahu cara cek penerima BPUM BLT UMKM sebesar Rp 1,2 Juta.

Cek Penerima BPUM BNI caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal akses tautan Banpres BPUM di Banpresbpum.id. Jika telah masuk, kemudian input NIK dan klik cari.

Nantinya ada informasi setelah cek jika anda merupakan penerima BPUM BLT UMKM harus menyiapkan beberapa berkas sebagai berikut untuk pencairan:

  • E-KTP asli dan fotokopi (satu buah)
  • Buku tabungan (optimal)
  • Kartu debit BNI dan fotokopi (satu buah)
  • Form Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah d isi dan telah ditandatangani (asli tanpa materai)

Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Proses pencairan dana bantuan dapat dilakukan keesokan harinya atau 1×24 jam setelah nasabah datang ke Kantor Cabang BNI dengan menyerahkan dokumen kelengkapan yang telah diverifikasi.
  • Pencairan dapat dilakukan di ATM BNI, ATM link, ATM bang lain atau agen 46
  • Untuk menjaga protokol kesehatan terkait dengan Covid-19, pelayanan pencairan dana BPUM di batasi dan disesuaikan dengan kapasitas outlet

Sedangkan untuk cek penerima BPUM Banl BRI, Anda bisa mengakses Eform BRI di eform.bri.co.id/bpum. Caranya gampang banget.

Anda tinggal memasukan NIK kemudian captha lalu klik cari. Nanti akan muncul pemberitahuan apakah termasuk penerima atau bukan.

Jika menjadi penerima, Anda tinggal datang ke BRI terdekat untuk verifikasi dan pencairan dengan membawa identitas diri.(rez/bbs)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button