Pendidikan

Login portal.ltmpt.ac.id, Simak Info UTBK SBMPTN 2021

Login portal.ltmpt.ac.id, buruan daftar UTBK SBMPTN 2021. Registrasi akun LTMPT bagi siswa tahap II sudah ditutup pada Jumat (12/3/2021) pukul 15.00 Wib. Besok adalah waktunya pendaftaran SBMPTN.

Perlu diingat, syarat untuk wajib mengikuti SBMPTN, Anda harus memiliki akun LTMPT ya. Kemudian simpan data secara permanen sebagai syarat pendaftarannya.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 akan dilakukan secara online di situs resmi yang telah disediakan oleh LTMPT. Pada pelaksanaannya, UTBK dilakukan dengan metode tes berbasis komputer.

Pendaftaran UTBK 2021 diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah di PTN lewat jalur SBMPTN.

Namun, sebenarnya nilai UTBK tidak hanya bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN saja. Nilai tersebut juga bisa digunakan untuk mengikuti Ujian Mandiri dan syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) serta seleksi masuk sekolah kedinasan lainnya yang sudah bekerja sama dengan LTMPT.

Hasil nilai tes UTBK yang diperoleh peserta nantinya akan diberikan secara individu. Membahas lebih jauh tentang UTBK SBMPTN 2021, kuota calon mahasiswa yang diterima di PTN lewat jalur ini minimal sebanyak 40 persen.

Kuota tersebut termasuk tertinggi dibandingkan jalur seleksi lain, seperti SNMPTN maupun Ujian Mandiri. Maka dari itu, peluang diterima dari jalur tersebut pun lebih besar, hanya saja pendaftarnya juga pasti lebih banyak.

Persyaratan SBMPTN

Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Akun LTMPT.
  • Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2021, atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  • Lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  • Memilih satu di antara kelompok ujian yang tersedia, yaitu kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran.
  • Membayar biaya UTBK 2021. Biaya pendaftaran untuk kelompok Saintek dan Soshum sebesar Rp200.000. Sementara kelompok Campuran membayar sebesar Rp300.000.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 harus memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  • Memiliki Nilai UTBK 2021.
  • Tidak lulus jalur SNMPTN.

Informasi tambahan, saat pelaksanaan UTBK, siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2019 dan 2020 wajib membawa ijazah. Sedangkan siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2021 wajib membawa Surat Keterangan Identitas pelajar dari sekolah.

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2032

Langkah-langkah pendaftaran UTBK SBMPTN yang wajib kamu ketahui secara berurutan adalah sebagai berikut:

  • Registrasi akun LTMPT. Persiapkan syarat registrasi, seperti NISN, NPSN, dan tanggal lahir. Untuk siswa lulusan 2019 dan 2020 yang sudah memiliki akun LTMPT sebelumnya tidak perlu membuat akun baru.
  • Setelah daftar, login menggunakan username email dan password pada laman website https://portal.ltmpt.ac.id/
  • Kemudian, pilih menu verifikasi dan validasi data siswa. Nantinya, kamu akan diminta mengisi biodata diri, mengunggah pas foto berwarna terbaru, serta melakukan verifikasi biodata.
  • Setelah verifikasi dan validasi data selesai, pilih menu pendaftaran UTBK dan pilih lokasi pusat UTBK. Lokasi ini menunjukkan di mana PTN tempat kamu tes, ya.
  • Pilih jenis ujian dan sesi ujian sebelum mendapatkan slip pembayaran.
  • Lakukan pembayaran di bank yang ditunjuk oleh LTMPT (Bank BNI, BTN, dan Mandiri). Jangan lupa membawa slip pembayaran yang kamu peroleh saat pendaftaran UTBK, ya. Pembayaran dilakukan maksimal 1×24 jam.
  • Setelah membayar, lakukan log in akun untuk mencetak kartu peserta UTBK.
Lokasi UTBK

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dalam pelaksanaan tes UTBK 2021, pemilihan lokasi tes sepenuhnya ditentukan oleh peserta. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mendapatkan lokasi ujian di luar daerah.

Dalam memilih lokasi UTBK ini, sebaiknya kamu pilih yang paling dekat dari tempat tinggalmu agar mobilitas dan transportasi menuju lokasi semakin mudah.(ct7/REZ)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button