Olahraga

Lolos Putaran Final Piala Asia Wanita 2022, Timnas Putri Indonesia Bersiap Jalani TC Panjang

CIANJURTODAY.COM – Keberhasilan Timnas Putri Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022, membuat PSSI harus mempersiapkan banyak latihan.

Kemenangan skuad Garuda Pertiwi tersebut diraih usai dua kali mengalahkan Singapura dengan skor 1-0, di Tajikistan pada 24 dan 27 September 2021 lalu.

Hasil ini menjadi sebuah raihan prestasi tersendiri bagi timnas putri Indonesia, setelah 33 tahun absen dari ajang Piala Asia Wanita 2022.

PSSI segera bergerak untuk melanjutkan persiapan timnas putri Indonesia dengan menggelar pemusatan latihan atau training center (TC).

Pemusatan latihan direncanakan akan dilakukan dalam jangka panjang, mengingat belum adanya kompetisi reguler yang mewadahi pesepak bola putri.

“Saya minta ke Kemenpora agar diadakan TC panjang karena liga putri belum ada,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dikutip Cianjur Today, Rabu (29/9/2021).

“Insyaallah pemerintah sudah memberikan lampu hijau untuk menggelar TC panjang,” lanjutnya.

Meski begitu, Mochamad Iriawan belum dapat memastikan jadwal dan lokasi pelaksanaan pemusatan latihan timnas putri Indonesia.

Lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Tanah Air membuat situasi serba sulit, termasuk untuk menggelar TC.

Ia berharap TC timnas Garuda Pertiwi dapat menjalani TC di luar negeri, agar lebih maksimal dalam persiapan menghadapi putaran final Piala Asia Wanita pada 20 Januari sampai 6 Februari 2022.

Tak hanya itu, PSSI juga berencana menambah kekuatan Timnas Putri Indonesia dengan mengambil beberapa pemain yang berlaga di PON XX Papua.

“Belum tahu, situasi kan juga sedang sulit karena Covid-19. Kami akan diskusi dengan direktur teknik ke mana akan berangkat. Insya Allah ke luar negeri,” kata Iriawan.

“Kami juga akan mengambil pemain putri yang ada di PON Papua,” tambahnya.

Sementara itu, skuad asuhan Rudy Eka Priyambada tercatat sebagai tim kelima yang meraih tiket ke putaran final Piala Asia Wanita 2022.

Sebelum Indonesia, empat negara yakni Korea Selatan, Filipina, Iran, dan Thailand lebih dulu memastikan tempat di putaran final.

Lima negara tersebut akan bergabung dengan India, Jepang, Australia, dan China PR yang sudah dipastikan lolos tanpa melalui babak kualifikasi.(sis)

Sumber: Topskor.pikiranrakyat.com

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button