Today

Long Weekend, Jalur Cipanas-Cianjur Menuju Puncak Macet Total

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Jelang libur panjang Isra Miraj, jalur Cipanas-Cianjur menuju kawasan Puncak, Bogor mengalami macet total.

Pantauan Cianjur Today Minggu (27/2/2022), Jalan Raya Protokol Cipanas sejak pukul 12.30 hingga 15.00 Wib, tampak kendaraan roda dua dan roda empat menuju Puncak, didominasi oleh kendaraan pelat B hingga terjadi kemacetan panjang.

Kemacetan pun sudah terjadi dari arah Tugu Bubur Pacet hingga Segar Alam Puncak, Cianjur Jawa Barat.

Seorang wisatawan asal Jakarta, Hendra Kurniawan (25) mengatakan, pihaknya sudah menunggu hampir dua jam lamanya terjebak macet di Jalan Raya Cimacan Cipanas.

Bahkan, ia pun mengaku, sampai pegal-pegal akibat mengatur gas, rem, dan kopling karena mobil hanya maju sedikit demi sedikit. Sehingga, ia pun terpaksa berhenti sejenak di pinggir jalan.

“Gara-gara macet, mobil jadi ngerayap dan harus ekstra ngatur rem, gas, dan kopling. Untung belum sampai tanjakan Puncak, kalau udah sampai tanjakan pasti lebih pegal,” ucapnya.

Hendra menuturkan, ia dan keluarga sedang menuju Jakarta usai berlibur dari kawasan wisata yang ada di Cianjur selatan, yakni Karang Potong Ocean View.

“Saya sudah sejak kemarin di Cianjur untuk berlibur di Karang Potong dan saat ini mau pulang ke Jakarta. Tapi malah terjegal macet panjang begini,” tuturnya.

Senada, wisatawan asal Bogor, Deni Irawan (30) menuturkan, ia terjebak macet hampir dua jam lebih dari Cianjur menuju Puncak Bogor.

“Ini saya habis nginep di Hotel Palace. Pas mau pulang ke arah Puncak, ternyata macet total. Saya sudah hampir dua jam nunggu di depan DSE Cimacan ini,” singkatnya.

Polres Bogor akan Terapkan Ganjil Genap dan One Way

Sementara itu, ganjil genap sudah diterapkan Polres Bogor di Simpang Gadog menuju arah Puncak. Kendaraan yang pelatnya tidak sesuai aturan, akan diminta putar balik.

“Tentunya kami dari Satlantas Polres Bogor mengantisipasi kepadatan kendaraan adalah dengan menambah personel. Jadi, saat ini sudah ada kurang-lebih 300 personel gabungan yang bertugas di Sabtu, Minggu, dan Senin ini,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, melansir Detikcom.

Ia mengatakan, saat ini sistem satu arah belum dilakukan. Meski demikian, sistem one way bakal diterapkan jika kemacetan semakin parah.

“Untuk one way sendiri kita laksanakan apabila ada kepadatan di salah satu ruas, baik jalur menuju ke Jakarta maupun ke Puncak. Kalau memang yang menuju ke Puncak lebih padat, kita akan laksanakan rekayasa lalu lintas, tetapi kalau tidak padat, tidak dilaksanakan. Jadi sifatnya situasional,” tuturnya.(ren/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button