WEEKEND LIST

Long Weekend, Masyarakat Cianjur Mulai Papajar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Di libur akhir pekan, masyarakat masih memadati stasiun Cianjur. Sebagian di antara mereka ingin sekadar berlibur menghadapi bulan Ramadan 2021 atau biasa disebut papajar.

Salah satunya Sobandi (21), pegawai swasta ini ingin pergi ke Bandung untuk berlibur menghadapi bulan Ramadan 2021 dengan menggunakan kereta Cianjur-Cipatat. Ia pergi bersama dua temannya.

“Papajar kita. Kita pilih kereta biar asik aja, walau di Cipatat harus naik angkot lagi gitu buat sampai Bandung,” kata dia kepada Cianjur Today, Sabtu (3/4/2021).

Ia pun sengaja melakukan berpergian lebih awal mengingat pemerintah akan melarang mudik sehingga transportasi akan lebih dibatasi.

“Ya denger-denger pemerintah mau larang mudik, jadi daripada susah mending sekarang aja,” kata dia.

Sama halnya dengan Fikar (25). Ia mengaku mau pulang ke Bandung karena tinggal di kota kembang. Sengaja ia mudik lebih awal menyusul kabar pelarangan mudik.

“Kemarin susah mau mudik, jadi mending sekarang aja. Daripada nggak ketemu keluarga lagi,” kata dia.

Meskipun begitu, baginya pelarangan mudik perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Bagus sih, karena kalau udah bersih dari Covid kan imbasnya ke masyarakat juga,” jelas dia.

Sementara itu, Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19, dr Yusman Faisal menjelaskan, biasanya pada masa libur panjang ada kenaikan kasus yang signifikan dari jumlah kasus Covid-19.

“Tidak hanya di Kabupaten Cianjur tapi di kabupaten dan kota lainnya,” kata dia.

Maka dari itu, pihaknya tidak mengizinkan masyarakat untuk mudik ataupun melaksanakan tradisi jelang Ramadan yaitu papajar.

“Upaya tersebut untuk menekan angka Covid-19. Tapi masyarakat turut mendukung dengan mematuhi aturan pemerintah, jika kurang peduli kemungkinan akan meningkat,” jelas dia.

Akan tetapi, pihaknya tidak akan melakukan penyekatan. Sebab, tingkat kerawanan kasus Covid-19 di Cianjur belum mencapai zona oranye.

“Hanya saja akan dilakukan pembinaan oleh setiap petugas di kewilayahan,” tandasnya
(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button