Today

Longsor Jebol Tembok dan Timbun 2 Rumah Warga di Cipanas

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Hujan besar yang mengguyur wilayah Kecamatan Cipanas mengakibatkan tanah longsor jebol tembok penahan tanah (TPT) serta menimbun dua teras rumah milik warga di Kampung Jalimun, RT 04 RW 13 Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Sabtu (19/2/2022).

BACA JUGA: Jalan Raya Cipanas Banjir akibat Air Drainase Meluap

Kepala Desa Cipanas, H Agus Sahputra mengatakan, longsor yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB tersebut akibat hujan lebat yang terjadi selama beberapa waktu belakangan ini.

“Sehingga ada resapan air yang dari atas ke bawah melalui TPT yang ada di sini tidak kuat menahan dan akhirnya terjadi longsor,” ujar Agus saat ditemui di lokasi kejadian.

Agus menerangkan, timbunan longsor yang jebol tembok dan menutupi dua teras rumah warga tersebut setinggi lima meter. Selain itu, longsor juga menutupi jalan lintasan warga sejauh 14 meter.

“Dari kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Hanya saja warga mengalami kerugian sekitar Rp7,5 juta,” ungkap Agus.

Saat ini, lanjut Agus, Pemdes Cipanas bersama dengan warga, Retana, dan Ormas sudah melakukan evakuasi pasca longsor jebol tembok penahan tanah tersebut.

“Kami juga membuat penahan sementara agar tidak terjadi longsor kembali. Dan Insya Allah secepatnya akan segera ada penanganan terkait longsor ini,” ungkapnya.

Selain itu, Pihaknya mengimbau agar masyarakat, khususnya di Desa Cipanas lebih berhati-hati saat cuaca buruk seperti saat ini. Pasalnya, banyak bencana yang mengintai, seperti banjir maupun tanah longsor.

BACA JUGA: Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Sukaresmi, Dua Orang Tewas

“Maka dari itu, lebih berhati-hati kembali serta juga ketika ada tempat yang rawan longsor. Apabila ada kejadian longsor, harap segera lapor ke RT atau pun langsung ke desa dan relawan seperti Retana dan Destana,” pungkasnya. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami