Today

Longsor Melanda Sejumlah Titik di Kecamatan Cijati, BPBD Cianjur Minta Warga Siaga

CIANJURTODAY.COM, Cijati – Bencana longsor terjadi di beberapa titik di Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur pada Minggu (15/11/2020). Akibatnya sejumlah rumah dan warga pun terdampak longsor.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sofyan mengatakan, longsor menutup setengah badan Jalan Bojonglarang sepanjang 25 meter akibat terkikis air sungai Cibuni.

“Lalu, di Pesantren Sinar Agung, Desa Sinar Bhakti Cijati, Jalan Hegarmanah RT 03/RW 01 terendam luapan air sungai Cihaur dan sekarang sudah mulai surut kembali,” tuturnya, Minggu (15/11/2020).

Selain itu, longsor juga melanda Kampung Ciburang RT 01/RW 04 yang mengancam sebuah rumah milik warga bernama Endang Muhdor dengan jumlah lima orang jiwa.

“Kemudian, di Kampung Padaasih RT 04/RW 01 terjadi longsor di area pemukiman warga yang mengakibatkan sebuah rumah milik bapak Ahdi dengan isi tiga jiwa, rusak sedang terdampak material longsoran,” paparnya.

Lalu, ia mengatakan, di wilayah Padaasih ada rumah milik warga bernama Maemunah dengan jumlah tiga orang jiwa terancam longsor.

“Kemudian, rumah milik Bapak Samsu dengan empat jiwa terdampak material longsoran sehingga rusak ringan di Kampung Burang RT 04/RW 01 Desa Padaasih, Kecamatan Cijati,” jelasnya.

Di lokasi longsor, kata Irfan, perlu ditinjau dan diteliti oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Namun, untuk sementara situasi di lokasi bencana masih dalam kondisi aman. Meskipun demikian, warga diimbau untuk tetap waspada terhadap bencana susulan.

“Cuaca di sekitar Kecamatan Cijati saat ini masih tidak menentu dan kemungkinan masih akan turun hujan,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button