Today

Longsor Terjang Cidaun, BPBD Cianjur: Potensi Bencana Susulan Masih Ada

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Bencana longsor terjang wilayah Cianjur selatan dan memutus akses jalan dua desa di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Sabtu (30/10/2021).

Akibatnya, jalan di Desa Gelarwangi dan Mekarjaya tidak bisa dilalui kendaraan dari kedua arah.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ade menyebut, penyebab longsor tersebut adalah karena intensitas hujan yang tinggi.

LONGSOR: Longsor terjang Cianjur selatan dan menutup akses jalan dua desa di Kecamatan Cidaun. (Foto: Istimewa)

“Hujan lebat, mungkin tanahnya labil sehingga membuat tanah menjadi longsor,” ujarnya saat dihubungi Cianjur Today, Minggu (31/10/2021).

Ia menegaskan, potensi longsor susulan masih ada, mengingat saat ini hujan kerap terjadi. Ia pun meminta masyarakat untuk siaga dan waspada.

“Kalau potensi masih ada, kemungkinan longsor susulan itu bisa saja terjadi. Maka, kami mengimbau masyarakat untuk bisa waspada dan siaga,” jelasnya.

Ade menyebut, masyarakat sudah mulai membersihkan longsoran yang menutupi jalan tersebut. Bahkan, BPBD Cianjur sempat kesulitan mengakses lokasi, karena licin akibat hujan.

“Jadi tidak sampai ke lokasi, tapi ketemu dengan kadesnya. Kita memberi bantuan lalu sudah dibantu warga setempat dan bisa dilalui,” ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. Mengingat, lokasi longsor tidak terlalu dekat dengan pemukiman masyarakat.

“Tidak ada rumah yang terdampak, karena hanya jalan saja yang tertutup longsoran dan akses jalan lumpuh sementara,” tutupnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami