Today

Longsor Terjang Cikalongkulon, Satu Orang Luka Berat, Dua Rumah Rusak Parah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Bencana tanah longsor menerjang Kampung Pasir Ipis RT 03/RW 03, Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Minggu (19/9/2021) malam. Akibatnya, satu orang warga mengalami luka berat.

Bencana tanah longsor tersebut, diduga karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah itu sejak sore hingga malam hari dan menyebabkan dua rumah warga setempat tertimpa material longsoran.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, tingginya intensitas hujan yang mengguyur menyebabkan tebing di kawasan tersebut longsor dan menimpa rumah warga yang ada di bawahnya.

“Satu orang warga dilaporkan mengalami luka berat, akibat tertimpa material longsoran dan dua rumah warga mengalami rusak parah,” ujar Irfan kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Diketahui, korban bernama Amyo (52) mengalami luka pada bagian wajah dan mata sebelah kiri. Korban pun langsung dievakuasi petugas dan sudah dibawa ke RSUD Sayang Cianjur untuk mendapatkan penanganan medis.

“Sementara di lokasi kejadian, petugas masih berusaha melakukan evakuasi material longsoran yang menimpa dua rumah warga. Di lokasi kejadian juga sudah dipasangi garis polisi, agar warga sekitar tidak mendekat,” jelasnya.

Irfan menyebutkan, petugas juga sudah langsung mengevakuasi dan mengungsikan korban selamat ke rumah saudara atau tetangganya yang lebih aman.

“Total ada dua kepala kelurga dengan jumlah jiwa tujuh orang. Saat ini mereka sudah mengungsi ke rumah saudara dan tetangganya,” ucap dia.

Selain itu, Irfan menjelaskan, personel gabungan dari BPBD, TNI-Polri, dan warga sekitar masih tetap bersiaga di lokasi kejadian, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

“Masih bersiaga di lokasi kejadian, karena masih berpotensi terjadinya longsor susulan,” ucapnya.

Longsor juga Terjang Sekolah MA di Campakamulya

Selain di Cikalongkulon, lanjut Irfan, bencana longsor juga terjadi di Kampung Bojongkopo RT 05/RW 01, Desa Sukabungah, Kecamatan Campakamulya, Cianjur.

Akibatnya, satu bangunan sekolah MA Nurul Aklam mengalami rusak. Namun, tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam bencana tersebut.

“Kejadian serupa juga terjadi di Campakamulya, kami sudah terjunkan tim untuk melakukan penanganan di lokasi tersebut. Karena jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Laporan dari lapangan, longsor menerjang bangunan sekolah MA Nurul Aklam,” tutup dia.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button