Today

Longsor Terjang Cikalongkulon, Tiga Rumah Rusak Berat dan Puluhan Warga Diungsikan

CIANJURTODAY.COM, Cikalongkulon – Dua rumah warga mengalami rusak berat, satu rusak ringan, dan 12 lainnya terancam akibat longsor yang menerjang Kampung Ciwareugu RT 02/RW 07, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur sekitar jam 07.00 Wib.

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Cianjur, Yusep Yuswandi (39) mengatakan, bencana longsor diakibatkan hujan deras yang melanda wilayah Cikalongkulon.

“Iya kang, kejadian tersebut terjadi sekitar jam 07.00 Wib, akibat hujan deras sehingga terjadi longsor,” ujar Yosep saat dikonfirmasi Cianjur Today, Sabtu (20/2/2021).

Pihaknya menjelaskan, longsor datang secara tidak terduga, karena warga tidak melihat ada tanda-tanda akan ada bencana longsor.

“Sebelumnya ada warga yang mengabarkan di sekitar Kampung Ciwareugu ada pohon tumbang. Lalu warga yang menjadi korban meninggalkan rumahnya, setelah ditinggalkan tidak lama kemudian longsor terjadi dan menghantam rumah miliknya,” terangnya.

MEMBERSIHKAN: Petugas gabungan tengah membersihkan material longsor di Kampung Ciwareugu RT 02/RW 07, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalongkulon. (Foto: Rendi Irawan/cianjurtoday.com)
MEMBERSIHKAN: Petugas gabungan tengah membersihkan material longsor di Kampung Ciwareugu RT 02/RW 07, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalongkulon. (Foto: Rendi Irawan/cianjurtoday.com)

Pihaknya menuturkan, dari kejadian longsor tersebut sedikitnya tiga rumah warga rusak berat, satu rusak ringan, dan 12 rumah lainnya terancam terkena longsor.

“Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian material diperkirakan kurang lebih Rp70 jutaan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Yosep, semua pemilik rumah sudah diungsikan ke tempat saudaranya masing-masing agar terjamin keamanannya.

“Puluhan warga sudah diungsikan dan saat ini, di lokasi longsor sudah ada petugas seperti Tagana, Polsek Cikalongkulon, Damkar, Retana, Binamarga, Perhutani, dan masyarakat setempat yang sedang berusaha membersihkan material longsor,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker