Today

Macet Sering Hambat Tugas, Damkar Cianjur Minta Warga Sadar

“Pasti sering ada seperti itu. Sebenarnya kami itu menyelamatkan aset warga agar api tidak menyambar rumah lain,” kata dia.

Zaman penjajahan Belanda, lanjut Sulaeman, pemadam kebakaran disebut dengan nama ‘Blanwir’ yang artinya menyekat. “Jadi menyekat di sini di maksudkan agar aset-aset sekitar tidak ikut terbakar. Misalnya, satu rumah terbakar dekat tetangga, kita amankan dulu rumah tetangga agar tidak ikut terbakar dengan disemprot air,” ucapnya.

Ia mengungkapkan masyarakat belum paham dengan bagaimana cara kerja petugas damkar. Ia menuturkan pihaknya sering melakukan sosialisasi terkati hak tersebut. “Ya, itu karena masyarakatnya belum paham. Padahal sering kita lakukan sosialisasi ke masyarakat. Mungkin kelemahan kami saja dalam sosialisasinya,” ungkapnya.

Sualeman mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih memahami pekerjaan damkar yang penuh resiko. Khususnya di zaman dengan perkembangan yang pesat seperti sekarang.

“Mohonlah kesadarannya. Apalagi dengan kepadatan penduduk yang berkembang pesat, mobilitas juga yang terus meningkat.” pungkasnya.(ct1)

Reporter : Afsal Muhammad
Editor : M Reza Fauzie

Laman sebelumnya 1 2

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks