Today

Makan Jamur Liar, Dua Keluarga di Sukaluyu Keracunan

CIANJURTODAY.COM, Sukaluyu – Tujuh orang warga Kampung Pasir Goong RT 03/01, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, mengalami keracunan setelah mengkonsumsi belado jamur, Sabtu (24/10/2020).

Akibatnya, seluruh korban yang mengalami mual, muntah-muntah dan badan lemas, langsung dilarikan ke Puskesmas Ciranjang menggunakan mobil ambulance desa untuk mendapatkan pengobatan.

Kaur Kesra Desa Tanjungsari, Rodiana menjelaskan, seluruh korban keracunan ini ada dua keluarga yang terdiri dari tujuh orang.

“Saat ada laporan dari warga sekitar pukul 22.30 Wib, kami langsung menuju rumah korban dan membawa semuanya untuk diobati secara intensif di puskemas,” paparnya pada Cianjur Today, Kamis (24/10/2020).

Rodiana menjelaskan, dari tujuh orang korban keracunan jamur liar ini, lima orang di antaranya, yakni Atik, Susilawati, Asep, Rini Agustin, dan Dewi sudah diperbolehkan pulang oleh pihak Puskesmas. Sedangkan dua orang lainnya, Wawan dan Iis Nurjanah harus menjalani rawat inap.

Sementara itu, salah seorang warga yang telah dianggap sadar dari keracunan jamur, Atik (45) menjelaskan kronologi kejadian.

“Pada siang hari menjelang sore, saya pergi ke kebun yang tak jauh dari rumah, tiba-tiba menemukan serumpun jamur di bawah pohon melinjo. Akhirnya saya ambil dan langsung saya masak jadi balado,” ungkapnya

Ia menjelaskan, jamur liar yang ia ambil berwarna putih dan batangnya bergelang warna coklat yang rimbun tumbuh di sekitar tanaman yang lain.

“Tanpa curiga apa-apa, saya olah semua jamur itu dan saya masak jadi belado. Sekitar jam 20.00 Wib seluruh keluarga makan bersama, selang beberapa jam kami semua merasa mual dan muntah-muntah,” pungkasnya.(ct5/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker