ABOUT DESA

Maksimalkan Hasil Padi, Puluhan Kelompok Tani di Cianjur Ikuti Bimtek Pengoperasian Alat dan Mesin Pertanian

CIANJURTODAY.COM, Bojongpicung – Puluhan kelompok tani di Kabupaten Cianjur, khususnya para petani yang mendapatkan bantuan mesin alat pertanian yang ada di Kabupaten Cianjur, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pengoperasian, perawatan, dan trouble shooting alat dan mesin pertanian di Aula Desa Cibarengkok, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

BIMTEK: Puluhan petani di seluruh Kabupaten Cianjur melaksanakan Bimtek pengoperasian alat dan mesin pertanian. (Foto: Apip Samlawi/cianjurtoday.com)

Kegiatan Bimtek tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, dengan peserta dan alat yang berbeda. Selain itu, Bimtek tersebut dilaksanakan agar seluruh petani mampu mengoperasikan dan merawatnya dengan baik dan benar.

Panitia pelaksana kegiatan dari Balai Besar Pengelolaan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) Badan Litbang prtanian Kementerian Pertanian Dr Hartono MP menjelaskan, semua petani dilatih agar bisa mengoperasikan alat dan mesin pertanian seperti, Combine Harvester, Traktor roda 4, dan Power Treser (rontogan).

“Pemberian latihan ini merupakan kewajiban pihak kami supaya para petani di Kabupaten Cianjur yang memiliki mesin alat pertanian atau para petani yang mendapat bantuan mesin alat pertanian dari pemerintah mampu mengoperasikan dan memperbaikinya dengan baik dan benar,” paparnya kepada Cianjur Today, Selasa (9/3/2021).

Selain itu, lanjutnya, untuk hari seterusnya akan dilaksanakan Bimtek untuk para petani yang hadir dari setiap kecamatan di wilayah Dapil 1 dan Dapil II Cianjur, yaitu sekitar 50 orang peserta.

“Semoga dengan Bimtek ini, para petani mampu meningkatkan hasil pertanian padi dengan maksimal dan mampu juga meningkatkan kesejahteraannya,” tandasnya.(asi/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button