Today

Malam-malam, Hutan di Pakuon dan Cikalongkulon Terbakar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di dua daerah di Kabupaten Cianjur, Sabtu (5/10/2019) malam. Kebakaran hutan pertama terjadi di Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi dan kejadian kedua di perbatasan antara Purwakarta dan Cikalongkulon.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR) BPBD Kabupaten Cianjur, Muhammad Irfan, mengungkapkan kebakaran hutan di Pakuon dapat dipadamkan sekitar pukul 20.00 malam. Kebakaran tersebut diduga adanya pembakaran lahan dan cuaca yang panas.

“Tapi saat ini tidak menutup kemungkinan kebakaran bisa terjadi lagi mengingat angin yang cukup kencang,” tuturnya saat ditemui Cianjur Today.

Kemudian, sekitar pukul 21.00 WIB kebakaran kembali terjadi di sebuah rest area di perbatasan Purwakarta-Cikalongkulon. “Yang kedua laporan jam 9 itu ada karhutla di sekitar rest area perbatasan Purwakarta dan Cikalong. Info terbaru saat ini kebakaran masih berlangsung,” ucapnya.

Dikarenakan TKP jauh dari sumber air, Irfan menyebut bahwa pihaknya melakukan penyekatan dalam kebakaran tersebut. “Jadi kami sekat karena memang letaknya jauh dari air,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Irfan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Damkar Kabupaten Cianjur beserta sejumlah warga untuk membantu memadamkan dan menjaga agar kebakaran tidak kembali terjadi.

“Masyarakat di sana juga sudah siap. Terus saya belum menerima laporan lagi karena anggota BPBD baru meluncur sekitar setengah jam yang lalu,” ujarnya.

Selain itu, Irfan mengungkapkan karhutla di perbatasan tersebut belum bisa diperkirakan dapat dipadamkan dalam jangka waktu tertentu.

“Tergantung, ada yang dua jam, ada yang tiga, bahkan ada yang satu hari. Jadi, kami masih mengusahakan pemadaman.” pungkasnya.(ct1)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks