Today

Malam Tahun Baru, Polres Cianjur Akan Menutup Jalur Cianjur-Puncak dan Bogor-Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Polres Cianjur akan menutup jalur Cipanas-Puncak dan Bogor-Cianjur pada malam pergantian tahun 2020 menuju 2021 guna mengurangi kemacetan dan menghindari penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Cianjur.

“Penutupan diberlakukan mulai Kamis (31/12/2020) pukul 18.00 Wib sampai Jumat (1/1/2021) pukul 06.00 Wib, mulai dari perempatan Loktian atau Tugu Lampu Gentur hingga kawasan Puncak,” ujar Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty saat dikonfirmasi Cianjur Today, Rabu (16/12/2020).

Ia menjelaskan selama penutupan berjalan, pengendara dari arah Cianjur dengan tujuan Cipanas-Puncak akan dilakukan penutupan di Bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur. Sementara untuk menuju arah Bogor dan Jakarta akan dilakukan penutupan di Jalan Raya Puncak Ciloto (Pos Pjr Jabar IX).

“Bagi yang akan ke Bogor dan Jakarta agar melalui jalur alternatif seperti Cianjur menuju Cibubur rutenya jalur Jonggol, Cikalongkulon, Cariu, Cileungsi, Cibubur dengan jarak tempuh 85 kilometer dan waktu tempuh kurang lebih tiga jam,” paparnya.

Selain itu, untuk arah Cianjur menuju Ciawi via Sukabumi, Cibadak, Ciurug, dan Ciawi dengan jarak tempuh 88 kilometer dan waktu tempuh kurang lebih tiga jam.

“Kami akan menempatkan 73 orang petugas khusus untuk mengatur lalulintas di sejumlah titik rawan kemacetan dan jalur alternatif untuk memudahkan pengguna jalan saat melintas,” tambahnya.

Ia menuturkan, akan ada petugas yang mengarahkan pengendara berdomisili Cipanas dari arah Cianjur, setelah diberlakukan penutupan jalur untuk mengambil jalur alternatif yang ada di wilayah Cianjur kota.

“Kami pun mengimbau bagi warga Cianjur untuk tidak merayakan malam pergantian tahun di wilayah Cipanas-Puncak karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, bagi warga Cipanas yang berdomisili di Cipanas dan sekitarnya, sebaiknya berangkat dari Cianjur lebih awal supaya tidak terjebak macet dan penutupan jalur. Jika terpaksa harus keluar rumah, ia pun meminta warga agar selalu memakai masker.

“Kami juga menyiapkan tim pengurai kemacetan dari pagi hingga sore menjelang pergantian tahun di sejumlah titik rawan kemacetan di jalur Puncak-Cianjur serta sejumlah titik keramaian di wilayah perkotaan,” tandasnya.(ct6/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button