ABOUT DESAToday

Mampet! Irigasi di Desa Cipeuyeum Dipenuhi Sampah, Air Meluber ke Jalan

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Saluran irigasi di Kampung Cisaar RT 03/RW 08, Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur dipenuhi sampah, hingga airnya meluber ke jalanan. Hal ini pun dikeluhkan sejumlah masyarakat dan pengendara yang melintas.

Salah seorang tokoh masyarakat yang juga petani di Desa Cipeuyeum, Ahmad Muhrodi (52) menerangkan, saluran irigasi tersebut merupakan batas wilayah antara Desa Cipeuyeum dan Desa Mekarwangi Kecamatan Haurwangi.

Hampir setiap musim hujan irigasi tersebut selalu mampet akibat air dipenuhi sampah. Air pun meluber ke jalan hingga mengganggu pengendara yang melintas.

“Bukan baru sekarang saja, sudah cukup lama,” tuturnya, Sabtu (25/9/2021).

Ia pun heran karena saat ini masih tergolong musim kemarau, namun irigasi malah banjir. Selain membasahi jalan, air luapan irigasi juga meluber ke pesawahan.

Kaur Desa Cipeuyeum Kecamatan Haurwangi, Acep (47) menambahkan, irigasi tersebut mengairi ratusan hektar sawah. Namun alirannya sering mendapat kendala karena sampah memenuhi gorong-gorong, hingga mengakibatkan banjir.

“Ratusan sawah yang ada di wilayah Desa Cipeuyeum dan di wilayah Desa Kertamukti sering tidak kebagian air karena dua gorong-gorongnya sering mampet,” pungkasnya.(asi/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker