Gaya Hidup

Manfaat Makan Buah-buahan untuk Menangkal Virus

CIANJURTODAY.COM – Kamu harus tahu manfaat makan buah-buahan, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. Kita diharuskan tetap menjaga kondisi tubuh dan melakukan pola hidup dan makan yang sehat.

Apa yang kita konsumsi sangat berperan dalam pemeliharaan tubuh. Untuk memperoleh asupan terbaik, salah satunya kita harus melengkapi sumber gizi dan vitami dari buah-buahan.

Seperti dikutip dari Kemenkes RI, berbagai manfaat besar diperoleh dari makan buah-buahan. Seperti:

• Sumber Vitamin
• Sumber Air dan Gizi
• Sumber antioksidan alami
• Mencegah penyakit tertentu,
• Obat luar tubuh

Selain itu, ternyata ada buah yang perlu dikonsumsi agar tubuh tetap bugar. Demi terhindar dari ancaman berbagai virus penyebab penyakit, salah satunya Covid-19. Apa saja? Yu, kita bahas berikut ini.

Jeruk

Buah jeruk atau kawannya seperti jeruk nipis dan lemon termasuk buah sitrus. Juga dikatakan masuk kedalam jenis buah pencegah virus, salah satunya Virus Corona.

Buah sitrus memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dipercaya ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah jeruk memang kaya akan senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Buat kamu yang rutin konsumsi buah sitrus tidak mudah terkena flu. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

Mangga

Buah mangga mengandung banyak vitamin A. Konsumsi buah mangga bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Buah dari raja buah ini dipercaya ampuh melawan infeksi dalam tubuh. Itulah sebabnya, mangga direkomendasikan menjadi salah satu buah pencegah virus.

Bahkan, buah mangga dikenal sebagai buah yang kaya akan minerla, folat, vitamin K, E, dan vitamin B. Konsumsi buah mangga yang kaya akan kandungan nutrisinya, akan membuat tubuh kuat dan tidak mudah terserang penyakit dan infeksi seperti virus.

Semangka

Buah pencegah virus corona yang terakhir adalah semangka. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang disebut glutathione. Antioksidan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang infeksi penyebab penyakit.

Kandungan likopen daging buah semangka yang berwarna merah tersebut juga dipercaya mampu mengatasi peradangan pada sistem pernapasan, dan mencegah infeksi.

Semangka

Buah anti virus corona lainnya adalah semangka. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang disebut glutathione. Antioksidan tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang infeksi penyebab penyakit.

Selain itu, kandungan likopen daging buah semangka yang berwarna merah tersebut juga dipercaya mampu mengatasi peradangan pada sistem pernapasan dan mencegah infeksi.

Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu buah pencegah virus corona. Mengandung banyak vitamin C, konsumsi jambu biji bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rutin konsumsi jambu biji setiap hari akan meminimalisir tubuh terserang berbagai virus penyakit seperti corona.

100 gram jambu biji mengandung sekitar 228,3 miligram vitamin C. Itulah sebabnya konsumsi jambu biji secara rutin akan mampu membunuh virus dan bakteri jahat penyebab infeksi.

Markisa

Ada satu lagi jenis buah yang harus dikonsumsi, buah markisa atau bernama lain Passiflora sp. Manfaat buah markisa ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Markisa kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, dan kalium. Berbagai kandungan yang terdapat dalam markisa sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Nah, itulah enam buah yang perlu kamu ketahuianfaatnya. Usahakan kamu menkonsumsi buah-buahan tersebut dan buah sehat lainnya. Pastikan melengkapi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi buah setiap hari.(ct4/rez)

Diolah dari berbagai sumber

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks