Olahraga

Mantap! Jonatan Christie Masuk 16 Besar Menyusul Anthony Ginting

CIANJURTODAY.COM, Tokyo – Pebulutangkis Jonatan Christie yang merupakan wakil dari tunggal putra Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020, berhasil masuk 16 besar menyusul Anthony Ginting.

Jonatan Christie atau biasa dipanggil Jojo ini mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew, pada laga terakhir Grup G, Rabu (28/7/2021) petang Wib.

Jojo harus berjuang selama lebih dari satu jam atau tepatnya 68 menit untuk mengalahkan Loh Kean Yew di Lapangan 2 Musahisno Forest Sport Plaza.

Skor akhir dari pertandingan tersebut adalah 22-20, 13-21, dan 21-18 untuk kemenangan Jonathan Christie.

Kemenangan kali ini membuat Jonathan Christie sukses memperlebar keunggulan rekor pertemuan melawan Loh Kean Yew menjadi 4-0.

Jonatan Christie juga berhak lolos ke 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 sebagai juara Grup G.

Pada laga pertama Grup G, Jonatan Christie juga berhasil meraih kemenangan straight game ketika berhadapan dengan atlet asal Suriah, Aram Mahmoud, Sabtu (24/7/2021).

Jojo selaku unggulan ketujuh saat itu sukses menumbangkan Aram Mahmoud dengan skor cukup telak 21-8 dan 21-14.

Kemudian, Jojo akan berhadapan dengan wakil China, Shi Yu qi, yang lolos ke 16 besar sebagai juara Grup H.

Melihat rekor pertemuan, Jonatan Christie sedikit lebih unggul atas Shi Yu Qi. Jojo tercatat sudah pernah lima kali mengalahkan Shi Yu Qi dari total delapan pertemuan.

Pada awal gim pertama, Jonatan Christie dan Loh Kean Yew saling mengejar poin sampai kedudukan imbang 5-5.

Jonatan Christie dan Loh Kean Yew sering terlibat duel adu pukulan drive pada awal gim pertama.

Jojo mulai unggul meninggalkan Loh Kean Yew pada kedudukan 7-6. Keunggulan itu terus dipertahankan Jojo hingga 11-8 saat interval.

Setelah interval, tempo pertandingan sedikit meningkat. Loh Kean Yew kali ini mulai berani menyerang dengan melepaskan smash keras dari tengah bidang permainannya.

Meski Loh Kean Yew terus mencoba mendekat, Jojo tetap berhasil menjaga keunggulan hingga kedudukan 17-13.

Poin terakhir Jojo didapatkan melalui serangan balik dengan mengecoh Loh Kean Yew melalui kombinasi pukulan smash dan drop shoot.

Loh Kean Yew yang terlihat mulai panas kemudian berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 17-18 berkat dua smash keras.

Momen itu terus dimanfaatkan hingga berhasil berbalik unggul 19-18. Pertandingan semakin sengit ketika kedudukan imbang 20-20. Jonatan Christie pada akhirnya sukses mengunci gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Berlanjut ke gim kedua, Jonatan Christie dan Loh Kean Yew kembali saling kejar mengejar poin hingga kedudukan imbang 2-2.

Satu drop shoot menyilang yang cantik kemudian membuat Jonatan Christie menjauh 4-2.

Loh Kean Yew yang terus tertinggal kemudian berhasil berbalik unggul 11-8 saat interval setelah mencetak enam angka beruntun.

Loh Kean Yew mendapatkan tiga poin terakhirnya setelah berhasil memenangi duel adu net.

Setelah interval, Loh Kean Yew langsung kembali menekan dan berhasil mencetak empat angka beruntun untuk memperlebar keunggulan menjadi 15-8.

Perolehan angka Loh Kean Yew pada akhirnya terhenti setelah back hand smash Jonatan Christie masuk.

Namun, Loh Kean Yew yang terlihat sudah mulai percaya diri berhasil terus menjaga keunggulannya hingga sukses mengakhiri gim kedua dengan kemenangan 21-13.

Di gim penentuan, Loh Kean Yew berhasil unggul cepat 4-1. Jonatan Christie kemudiaan mempercepat tempo permainannya dan berhasil berbalik unggul 8-5 setelah mencetak enam angka beruntun.

Keunggulan itu terus dijaga Jonatan Christie hingga 11-7 saat interval. Setelah interval, Jonatan Christie masih memegang kendali permainan.

Pertandingan semakin sengit ketika Loh Kean Yew berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 16-17.

Namun, Jonatan Christie tetap berhasil mempertahankan keunggulannya hingga mengunci gim ketiga dengan kemenangan 21-18.

Jonathan Christie Menyusul Anthony Sinisuka Ginting

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting wakil Indonesia lainnya di sektor tunggal putra juga berhasil lolos ke 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 terlebih dahulu.

Mengalahkan wakil Rusia, Sergey Sirant (ROC), pada laga terakhir Grup J bulu tangkis tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020, Rabu (28/7/2021) sore.

Anthony Sinisuka Ginting berhasil meraih kemenangan straight game dengan skor cukup telak 21-12 dan 21-10 dalam kurun waktu 25 menit.

Sama seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting juga berhasil menyapu bersih dua laga Grup J dengan kemenangan.

Terkini, Ginting sukses mengalahkan wakil Rusia, Sergey Sirant (ROC) dengan skor cukup telak 21-12 dan 21-10, Rabu (28/7/2021) sore Wib.

Pada babak 16 besar nanti, Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan juara Grup I. Calon lawan Anthony Sinsuka Ginting adalah Ygor Coelho (Brasil) atau wakil tuan rumah, Kanta Tsuneyama.(ct7/sis)

Sumber: Kompas.com

Berikan Komentar Kalian

Back to top button