Today

Marak SMS Pinjaman dan Hadiah, Warga Cianjur Resah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sejumlah masyarakat Cianjur diresahkan dengan banyaknya SMS spam dari nomor tak dikenal. Isinya beragam, ada yang menawarkan pinjaman dana ada juga penipuan berkedok hadiah.

Rafi Ardi (18) misalnya, warga Jalan megasari, BTN Joglo, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur ini kadang mempertanyakan kebenaran isi SMS yang kerap kali masuk ke ponselnya.

“Menurutku sih kalau pesan seperti itu kadang aku juga merasa bingung apakah itu benar atau tidak. Jengkel juga melihatnya. Tapi, kadang pas aku lagi butuh duit terus ada SMS itu kadang aku langsung ‘wah lumayan nih’ pernah memikirkan kaya gitu,” tuturnya saat diwawancara, Selasa (3/9/2019).

Bukan hanya itu, bahkan Rafi sempat berpikir kenapa nomornya bisa diketahui oleh oknum yang mengirim SMS tersebut. “Sempet sih. Kok bisa gitu dapet nomor aku,” tuturnya.

Tak hanya Rafi, Sintia (15) pun kerap mendapatkan SMS serupa. Pelajar asal Kampung Tipar, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah. Ia lebih memilih mengabaikan SMS yang masuk ke ponselnya itu

“Ya, diemin aja. Palingan orang yang iseng doang. Ada mah berapa kali SMS itu masuk, kalau niat mah langsung transfer,” ujarnya saat diwawancara.

Sintia yakin, SMS yang masuk ke ponselnya itu merupakan penipuan. Menurutnya, meskipun modus pinjaman dan hadiah itu ada, namun yang ia terima malah sulit dipercaya kebenarannya.

“Pasti penipuan. Soalnya mana ada sih yang gituan? Emang sih ada tapi ini gak bisa dipercaya banget,” ungkapnya.

Berbeda dengan Tsana (18), mahasiswi asal Kampung Bojong Kulon, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah ini lebih sering menerima SMS pemberian hadiah pada dirinya.

“Kalau aku paling seringnya kaya hadiah gitu. Kalau aku pribadi lebih diabaikan. Gak terlalu ditanggapin, sih. Soalnya takut penipuan juga,” katanya.

Terkait SMS yang meresahkan warga Cianjur ini, belum ada keterangan lebih lanjut dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Cianjur.(ct1)

Reporter: Afsal Muhammad
Editor : M Reza Fauzie

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button