Today

Masuk Pabrik Kue, King Kobra Berukuran Jumbo Ditangkap di Perumahan Ciranjang

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Seekor ular King Kobra berukuran jumbo ditangkap dari sebuah pabrik kue di salah satu perumahan Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Senin (5/10/2020) malam. Ular itu sebelumnya bikin takut warga karena dikenal berbahaya dan sangat mematikan.

Ular King Kobra itu ditangkap oleh Youtuber Reptil asal Cianjur, Bank Chand, sekitar pukul 21.30 WIB. Beberapa saat sebelumnya, ia mendapat panggilan dari warga Ciranjang tentang keberadaan ular King Kobra yang masuk pabrik kue. Ia pun bergegas berangkat untuk melakukan rescue atau evakuasi.

“Kebetulan posisi ular tersebut terjepit jadi tidak bisa kabur kemana-mana. Alhamdulillah ular masih ada jadi kita berhasil untuk merescue,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (6/10/2020).

Ular itu cukup besar diperkirakan panjangnya antara 3 sampai 4 meter. Ditemukan di sawah belakang gudang yang banyak pohon. Kemungkinan, ular itu masuk karena mengejar ular lain yang ada di sekitar pabrik kue.

Diduga, King Kobra yang ditangkap di Ciranjang, Cianjur itu masuk ke pabrik kue pada malam hari. Bisa juga, ular itu tersesat hingga masuk ke pemukiman warga. Kemungkinan masih ada ular lain yang berada di sekitar lokasi.

“Yang direscue pada malam tadi hanya satu ekor, tapi sebelumnya sekitar satu atau dua minggu ke belakang juga sempat ditemukan anak-anak jenis ular King Kobra. Mungkin ini salah satu indukan yang berhasil kita tangkap,” kata Bank Chand.

Menurutnya, lingkungan tersebut habitat ular karena daerah persawahan. Sedangkan ular jenis King Kobra diamnya di kebun ataupun di kaki gunung. Namun bisa saja karena mencari makan, King Kobra yang kanibal itu turun ke sawah untuk memangsa ular koros, ular sawah, dan jenis lainnya.

Hasil tangkapan ini akan dikarantina dulu sebelum dilepasliarkan kembali. Sebab, tidak mudah melepas ke habitatnya karena dikhawatirkan masuk ke pemukiman warga.

“Karena harus benar-benar nyari tempat yang pas untuk melepas ular ini. Takutnya malah masuk lagi ke wilayah masyarakat. Mungkin sementara dipelihara dulu bersama dengan ular-ular King Kobra yang lainya,” tandasnya.(ct6/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button