Today

Masyarakat Bawa Sajadah Sendiri dari Rumah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Masjid Jami Al-Muttaqin Kampung Wargaluyu RT 02/RW 11, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur menggelar Salat Jumat tanpa sajadah, Jumat (27/03/2020). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ketika solat Jumat berlangsung, tampak sejumlah warga membawa sajadah masing-masing. Ada pula warga yang solat tanpa menggunakan sajadah dan hanya beralaskan lantai.

Ketua DKM Masjid Al-Muttaqin, Rosihan Ahmad, mengatakan, hal itu dilakukan mengikuti imbauan pemerintah dalam mencegah virus corona atau Covid-19.

“Ini dilakukan sesuai dengan imbauan pemerintah. Jadi solat dilaksanakan tanpa sajadah, kecuali bagi masyarakat yang membawa sajadah sendiri,” tuturnya saat ditemui Cianjur Today.

Selain itu, Rosihan mengungkapkan kebijakan itu bukan hanya diterapkan ketika solat Jumat. “Ini semuanya, solat Fardhu dan kegiatan keagaman lainnya dilakukan tanpa sajadah,” kata dia.

Ia pun menuturkan, selain tidak menggunakan sajadah ketika solat, DKM pun melakukan pencegahan lain guna menghambat penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Tadi pagi juga kami menyemprotkan disinfektan di masjid. Juga mengelap bagian-bagian masjid,” kata dia.

Selama imbauan pemerintah belum dicabut, pihaknya akan tetap memberlakukan kebijakan itu. Terlebih BNPB yang baru-baru ini memperpanjang masa darurat Covid-19 hingga Hari Raya Idul Fitri 2020.

“Kalau untuk meniadakan solat Jumat itu belum sampai situ karena di sini belum ada suspect. Kalau ada mungkin gak tahu ke depannya akan dirapatkan lagi,” kata dia.

Ia mengimbau jamaah Masjid Jami Al-Muttaqin untuk tetap waspada dan mengindahkan imbauan pemerintah. Termasuk berharap agar keadaan normal kembali.

“Di samping menghargai imbauan pemerintah kita juga berarti mengindahkan kesehatan kita dan orang lain. Dan kita bisa melaksanakan ibadah secara normal kembali seperti biasanya.” tutupnya.(afs/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker