BISNIS TODAY

Media Sosial Dibatasi, Online Shop Sepi Orderan

CIANJURTODAY.COM, CianjurPembatasan fitur di media sosial seperti WhatsApp dan Instagram berdampak pada pebisnis online shop atau toko dalam jaringan (daring) di Cianjur. Mereka merasa rugi karena tidak bisa mempromosikan produknya dan tidak mendapat pesanan.

Zulfan Maulana misalnya, pebisnis online shop asal Cianjur ini merasa pemesanan produknya terhambat. Hal itu karena beberapa fitur WhatsApp sulit digunakan.

Baca Juga: GB WhatsApp Doblokir, Bagaimana Cara Mengatasinya?

“Tentu ini sangat merugikan. WhatsApp itu kan jalur utama, karena SMS kan tidak bisa memperlihatkan gambar. Jadi merasa terhambat sekali dengan kebijakan ini,” ucapnya saat diwawancara, Kamis (23/05/2019).

Zulfan berpendapat, kebijakan ini tidak hanya merugikan online shop namun masyarakat lainnya.

“Bukan hanya beberapa pihak yang dirugikan tapi orang yang tidak bersalah dan tak tahu apa-apa pun kena imbasnya. Menurut saya sih kalau ingin membuat kebijakan, berpikir dulu sampai matang. Soalnya dampak pasti ada cuman harus bisa ditolelir sedikit atau banyak. Jangan jadikan rakyat sebagai korbannya,” tuturnya.

Baca Juga: Ramai Digunakan Saat Medsos Dibatasi, Apa Itu VPN?

Sama halnya dengan Azial, ia merasa dirugikan karena WhatsApp dan Instagram adalah sarana promosi.

“Pendapat saya ini merugikan sekali karsna biasanya tiap hari kita (olshop) promosi di WhatsApp dan Instagram buat menarik perhatian konsumen. Kalau dibatasi ya gimana mau dapat orderan? Biasanya sehari itu minimal satu orderan. Tapi sejak kemarin sama sekali gak ada yg order,” kata dia.

Azial berpendapat, solusi dari kebijakan ini adalah menunggu reda situasi yang tengah memanas. “Kalau niatnya untuk penangkal hoax sih saya setuju. Tapi untuk solusi saat ini tunggu reda dulu aja, kalo bisa secepatnya penerintah dapat menyelasaikan masalah yang ada,” tutupnya. (ct1)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan