PendidikanToday

Membanggakan! Anya, Gadis Asal Cianjur Terpilih Menjadi Puteri Wisata Jabar 2021

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Vina Aria Noviana dara asal Cianjur ini telah berhasil membawa harum nama Kabupaten Cianjur dalam ajang Putera Puteri Wisata Jawa Barat 2021. Gadis cantik yang kerap dipanggil Anya ini, dinobatkan menjadi Puteri Wisata Jabar setelah mengalahkan 60 peserta dari berbagai kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

“Alhamdulillah senang sekali dan sempet gak nyangka bisa menjadi winner, karena saingannya sangat ketat,” kata Anya saat diwawancarai Cianjur Today, Kamis (12/11/2020).

Saat ditanya tentang motivasinya menjuarai ajang ini, Anya menuturkan semuanya terjadi berkat dukungan luar biasa dari orangtua, keluarga, dan orang-orang terkasih yang ada disekitarnya.

“Saya ingin menjadi kebanggaan orangtua, meski saat Grand Final orangtua saya hanya bisa menonton acara live melalui HP tapi saya sangat senang. Tidak hanya itu, dukungan dari Ibu Yani Yuliawati selaku Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Cianjur pun membuat saya semakin semangat untuk menampilkan yang terbaik,” ungkap perempuan kelahiran 6 November 1998 ini.

Anya bercerita selama mengikuti kontes, ada banyak persiapan yang ia lakukan. Dimulai dari menjaga kesehatan hingga menyiapkan materi.

“Persiapan pertama, Anya latihan untuk unjuk bakat dan selalu menjaga kesehatan dengan minum vitamin C setiap malam, dan tidur secara teratur. Untuk public speaking, Anya berlatih sendiri di depan kaca,” terang puteri bungsu pasangan Bapak Hendra dan Ibu Imas ini.

Ia menambahkan, bahwa kontes tersebut sangat menantang, karena semua peserta merupakan saingan berat bagi Anya dengan keunggulan masing-masing.

“Kemudian pertanyaan dari juri yang cukup sulit adalah soal visi dan misi, karena itu menyangkut tanggungjawab aku sendiri membawa nama baik Kabupaten Cianjur,” kata Anya.

Bicara soal pariwisata di Jawa Barat, gadis yang hobi menari ini mengungkapkan bahwa ia akan membawa misi memanfaatkan SDM dalam kemajuan pariwisata.

“Cianjur identik dengan berasnya, tetapi Cianjur juga memiliki panorama yang luar biasa. Visi misi aku yaitu sesuai dengan advokasi. Aku ingin mengajak masyarakat untuk membuat video dan memanfaatkan SDM yang ada, dengan begitu masyarakat dapat berperan dalam mempromosikan wisata di Jabar,” papar Anya.

Lebih dari itu, setelah dirinya dinobatkan jadi Puteri Wisata Jabar, ia mengaku ada banyak tugas yang harus ia emban.

“Tentunya tugas yang utama yaitu membantu mempromosikan potensi wisata yang ada, baik segi wisata ekonomi kreatif, dan budayanya. Semua itu harus kita kembangkan dan promosikan. Kalau bukan kita siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi,” ucapnya.

Atas kerja kerasnya dan berhasil memenangkan ajang ini, Anya juga mendapat hadiah utama yaitu Tour ke Bali dan beberapa hadiah tambahan.

“Ada juga beberapa hadiah dari sponsor yaitu dari YOU make up, Teh Walini Agro Wisata Gunung Mas, perawatan MS Glow, voucher penginapan di beberapa daerah dan masih banyak lagi,” tutur Anya.

Sebelumnya Anya juga kerap memenangkan beberapa perlombaan, ia memulai karirnya sejak masih sekolah. Anya pernah menjadi Wakil II Mojang Remaja Kabupaten Bogor 2017, Wakil I Mojang SMK Kesehatan Al-Ikhlas 2017, kemudian RU I Putri Hijab Cianjur 2017, RU I Gebyar Ramadhan Green Pramuka Square 2017. Ia juga pernah mendapat kategori Best Costume Lady Management Fashion Show Casual Look Roof Park Cipanas 2019 dan Finalis Puteri Model Muslimah 2019.

Dalam Grand Final Nomor Putera Puteri Wisata Jawa Barat 2021 yang digelar pada 7 November lalu, ia maju sebagai pemenang bersama Fachri Fadilah, The Winner Putera Wisata Jawa Barat 2021 Wakil dari Kabupaten Bogor.

Terakhir Anya bercerita keinginnanya mengeksplore tempat wisata yang belum ia kunjungi.

“Saat ini aku lebih menyukai tempat wisata alam. Nah yang ingin aku jelajahi yaitu selain gunung-gunung yang ada di Jawa Barat juga ingin menjelajahi curug-curug yang ada di Kabupaten Cianjur,” pungkasnya.(ega/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker