Gaya Hidup

Mengapa Tubuh Bisa Merasakan Gatal? Simak Penjelasan dan Cara Menyembuhkannya!

CIANJURTODAY.COM – Apakah di antara kalian ada yang masih bertanya-tanya, mengapa sih tubuh kita bisa merasakan gatal? Sebenarnya, istilah yang menggambarkan rasa gatal ialah “pruritus”.

Umumnya menyerang seluruh atau sebagian tubuh seseorang yang dibarengi dengan munculnya ruam di permukaan kulit, mulai dari gatal dan ruam yang bersifat ringan dan singkat hingga yang berat dan bisa sangat mengganggu.

Biasanya rasa gatal yang terjadi hanya menyerang di area tertentu, seperti tangan dan kaki. Tak hanya menimbulkan ruam, gatal karena kondisi ini pun dapat menyebabkan terbentuknya benjolan yang kemerahan atau sering kita sebut bentol. Gatal yang berlebihan bisa membuat kulit terasa kering dan pecah-pecah, serta tekstur kulit mulai bersisik, seperti kapalan.

Mengapa Tubuh Bisa Gatal

Jika Anda merasakan gatal yang tak kunjung sembuh, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Pasalnya, pruritus yang mengganggu bisa memicu munculnya luka dan infeksi pada kulit. Simak, di bawah ini adalah faktor penyebab pruritus.

Ada Gangguan Kulit

Rasa gatal di permukaan kulit bisa terjadi karena adanya gangguan kulit. Di antaranya adalah eksim, urtikaria alias biduran, dermatitis, kontak alergi, psoriasis, ketombe, inflamasi pada mukosa mulut, dan lainnya.

Reaksi Alergi

Rasa gatal yang dirasakan dipermukaan kulit bisa terjadi sebagai reaksi alergi. Ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko alergi kambuh, mulai dari penggunaan benda-benda tertentu, seperti perhiasan hingga penggunaan jenis kain, bahkan parfum yang disemprotkan pada tubuh.

Gatal karena alergi juga bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi obat-obatan tertentu, terkena paparan sinar ultraviolet, hingga kondisi cuaca yang lembap atau panas.

Gigitan Serangga

Kulit yang gatal juga bisa disebabkan oleh sengatan atau gigitan serangga dan parasit. Beberapa jenis parasit atau serangga yang bisa memicu pruritus adalah kutu rambut, cacing rambut, nyamuk, kutu loncat, lebah, tawon, dan parasit trikomoniasis penyebab penyakit menular seksual.

Infeksi

Pruritus juga bisa menjadi salah satu gejala yang mengindikasikan adanya infeksi pada bagian tubuh tertentu. Nyatanya, ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan memiliki gejala gatal, seperti infeksi jamur kurap. Selain itu, cacar air, infeksi jamur pada kaki atau kutu air, serta infeksi jamur pada organ reproduksi juga bisa menyebabkan rasa gatal alias pruritus.

Kehamilan dan Menopause

Gatal pada permukaan kulit juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang bisa terjadi selama masa kehamilan atau saat memasuki masa menopause. Pruritus pada wanita hamil biasanya akan menghilang setelah proses persalinan dan sering muncul di area tangan, kaki, dan batang tubuh.

Gejala Penyakit Tertentu

Pruritus yang muncul secara tiba-tiba pada permukaan kulit ternyata juga bisa menjadi gejala serangan penyakit tertentu. Ada sejumlah penyakit yang menimbulkan rasa gatal sebagai salah satu gejalanya, mulai dari hipertiroid, hipotiroid, hemoroid, dan anemia akibat kekurangan zat besi.

Orang yang mengidap hepatitis, gagal ginjal kronis, peradangan saluran empedu, hingga gangguan psikologis tertentu juga bisa menjadi pemicu munculnya gejala gatal.

Cara Mengatasi Rasa gatal

Lalu, bagaimana cara menyembuhkannya bila terjadi gatal? Coba pakai cara di bawah ini.

Mengusap Area Kulit yang Terasa Gatal

Ini merupakan cara yang termudah yang bisa Anda lakukan. Dengan mengusap area yang gatal, Anda akan merasa lebih nyaman.

Selain itu, usapan lembut juga dapat membantu meringankan rasa gatal yang timbul tanpa melukai tubuh Anda. Dibanding menggaruk, mengusap lembut area yang gatal lebih disarankan untuk dilakukan.

Ganti Pakaian Anda dengan Pakaian yang Tidak Memicu Gatal

Pakaian yang Anda kenakan bisa jadi salah satu pemicu rasa gatal yang tiba-tiba muncul dan mengganggu. Untuk itu, berikan perhatian lebih terhadap jenis atau bahan pakaian yang akan dikenakan. Hal ini terutama jika Anda berencana menghadiri acara yang sifatnya penting.

Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan wol dan bahan lain yang tidak mampu menyerap keringat. Bahan katub adalah salah satu bahan pakaian yang bisa mencegaj timbulnya gatal. Cara menghilangkan gatal yang satu ini terbukti ampuh mencegah gatal muncul.

Ganti Kosmetik, Shampo, atau Sabun

Bahan pakaian yang Anda kenakan bukanlah satu-satunya penyebab rasa gatal. Perlu diketahui juga bahwa bahan yang terkandung dalam kosmetik, shampo dan sabun mandi Anda, apakah berisiko menjadi penyebab gatal atau tidak. Maka dari itu, coba cari tahu bahan apa saja yang terkandung di dalam produk-produk yang digunakan.

Jika ada bahan yang memicu gatal atau alergi segera ganti dengan produk lain yang berbahan lebih lembut dan ringan sehingga Anda tak perlu lagi merasa terganggu akibat rasa gatal yang tiba-tiba muncul. Namun, cara menghilangkan gatal yang satu ini memerlukan kejelian, mengingat Anda tentu tidak hanya menggunakan satu produk dalam waktu yang bersamaan.

Pertimbangkan untuk Mandi dengan Air Dingin

Saat rasa gatal muncul dan mulai mengganggu kenyamanan Anda, segeralah mandi. Namun, jangan lantas memutuskan untuk menggunakan air hangat saat mandi. Mandi dengan air hangat hanya akan membuat gatal semakin parah. Hal ini terjadi karena air hangat membuat suhu tubuh meningkat.

Peningkatan suhu tubuh membuat rasa gatal semakin memburuk. Sebagai alternatif, mandilah dengan air dingin dalam waktu tidak lebih dari 20 menit. Selain dapat membantu melancarkan peredaran darah, mandi dengan air dingin juga dipercaya mampu mengurangi rasa gatal.

Untuk itu, coba lakukan cara menghilangkan gatal yang satu ini agar rasa gatal segera lenyap dari tubuh Anda. Saat mandi, gunakan sabun antibakteri.

Oleskan Salep atau Bedak Gatal

Gatal belum teratasi dengan keempat cara menghilangkan gatal sebelumnya? Jangan khawatir. Cobalah cara lain, yaitu dengan mengoleskan salep. Salep ini biasanya dijual bebas di apotek. Namun, tetap ikuti petunjuk pemakaian terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain salep, bisa menggunakan bedak gatal untuk mengurangi rasa gatal. Sama halnya dengan salep, bedak gatal umumnya menghilangkan gatal dengan cara memberikan rasa dingin pada kulit.

Rasa dingin yang ditimbulkan setelah penggunaan keduanya dapat segera membantu memberikan rasa nyaman pada Anda. Upaya ini juga diharapkan dapat mencegah Anda menggaruk area yang gatal.

Segera Minta Bantuan Dokter, Jika Gatal Tetap Berlanjut

Segeralah menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Hal ini guna mengetahui kemungkinan adanya gangguan kesehatan lain yang Anda alami. Perlu diketahui bahwa gatal yang tidak kunjung reda bisa menjadi pertanda awal gangguan pada organ ginjal.

Gatal yang tidak kunjung hilang juga bisa menjadi pertanda leukemia dan gangguan tiroid. Untuk mengetahuinya tentu diperlukan bantuan ahli medis agar Anda bisa memperoleh penanganan yang lebih tepat.

Lakukan cara di atas supaya meminimalisir rasa gatal yang sedang Anda rasakan. Jangan lupa untuk segera pergi ke dokter jika terjadi hal yang serius. Tetap jaga kebersihan ya teman-teman.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker