Tips, Trik, dan Tutorial

Mengenal Gejala dan Tips Terhindar Dari Virus Corona

CIANJURTODAY.COM – Artikel kali ini membahas gejala dan tips agar terhindar dari virus corona. 2019 n-CoV atau lebih dikenal dengan virus corona, saat ini memang sedang menjadi permasalahan dunia.

Pasalnya virus ini telah menyebar hampir ke seluruh negeri dan telah merenggut banyak nyawa. Tak terkecuali Indonesia, meski mendapatkan penyebaran yang lebih lama dari negara lain, namun pada akhirnya ada warga Indonesia yang positif terjangkit.

Presiden Jokowi telah mengumumkan bahwa dua WNI asal Depok positif terkena Corona Virus. Dua orang tersebut merupakan seorang ibu (64) dan anaknya (31). Keduanya diketahui tertular virus Corona setelah berinteraksi dengan warga asing asal Jepang.

Untuk mencegah penyebaran, maka kita harus tahu apa itu virus Corona dan cara mencegahnya.

Apa Itu Virus Corona?

2019 n-CoV atau virus Corona, merupakan virus baru yang menyerang sistem saluran pernafasan. Virus ini ditemukan di Wuhan, China beberapa waktu lalu. Virus Corona merupakan keluarga dari virus SARS dan MERS.

Gejala Klinis Terjangkit Corona

Adapun gejala yang ditimbulkan oleh virus Corona, antara lain: Demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, merasa letih dan lesu.

Sekilas gejalanya terlihat sepertinya penyakit ringan bisanya, namun jika anda tiba-tiba merasakan tanda-tanda diatas, ada baiknya periksan ke dokter.

Kenali Cara Penularan

Perlu Anda ketahui salah satu faktor utama penularan virus corona ini terjadi dari tetesan kecil cairan dari orang yang telah terinfeksi virus. Misalnya saat orang yang terjangkit batuk atau bersin tepat di dekat Anda.

Cairan kecil itu akan keluar jika Anda berada dekat dengan orang tersebut. Memungkinan besar cairan kecil itu akan masuk ke mata, hidung, atau mulut Anda secara tidak sadar.

Tips Mencegah Virus Corona

Maka jika Anda bertemu dengan orang sakit yang mengalami bersin dan batuk, sebaiknya Anda menghindar. Setidaknya Anda harus menjaga jarak sekitar 0,5m- 2m untuk terhidar dari cairan yang keluar saat orang tersebut bersin dan batuk.

Anda juga bisa memberinya masker untuk melindungi bersin dan batuknya agar tidak menganggu orang lain.

Jangan Sebarangan Menyentuh Wajah

Jangan sembarangan menyentuh wajah setelah beraktifitas di luar, baik itu wajah Anda sendiri ataupun orang-orang terdekat Anda. Jika anda perlu atau hendak menyentuh wajah, sebelumnya anda harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Pastikan Anda cuci tanagn dengam benar-benar bersih. Dianjurkan mencuci tangan dengan mengosok bagian belakang tangan, sela-sela jari, bawaha kuku, hingga daerah sikut. Cuci tangan dilalukan setidaknya selama 20 detik untuk memastikan tangan benar-benar bersih.

Buang Masker Yang Kotor

Jangan mengunakan satu masker lebih dari satu hari, kemudian anda harus membuah masker yang telah dipakai dan anda rasa sudah kotor. Bakteri dapat berkembang biak di baik dalam masker jika digunakan terlalu lama. Selain itu, Anda jangan menyentuh bagian luar masker, tapi jika terlanjur segeralah mencuci tanagan hinga bersih.

Jangan Sembarangan Berbagi

Sangat dianjurkan untuk tidak berbagi makanan, alat makan, gelas dan handuk. Jika perlu, lebih baik Anda memilih mengunakan sendok saji.

Jangan Buka Pintu Pakai Telapak Tangan

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh wajah. Jadi, gunakan sikut atau bahu jika memungkinkan. Anda tidak dapat menyentuh wajah dengan sikut atau bahu.

Cuci Tangan Untuk Jaga Kebersihan

Anda harus selalu mencuci tangan mengunakan sabun setelah berinteraksi dengan orang banayak, terutama di tempat umum. Terutama, jika Anda hendak makan jangan pernah lupa membersihkan tangan terlebih dahulu, yaitu dengan cuci tanagan secara bersih tadi.(ct2/ct4/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker