NasionalToday

Mengenal Partai Ummat, Didirikan Amien Rais dan Dipimpin Ridho Rahmadi

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Partai Ummat yang didirikan politikus senior, Amien Rais akhirnya resmi dideklarasikan di Yogyakarta pada Kamis (29/4/2021) lalu.

Amien Rais yang lebih dikenal masyarakat sebagai tokoh dari Partai Amanat Nasional (PAN), kini mencoba peruntungannya untuk kembali berkiprah dengan mendirikan partai baru.

Amien sendiri telah mengundurkan diri dari PAN pada 2020 lalu usai ricuh yang terjadi pada Kongres V PAN untuk memilih ketua umum PAN periode 2020-2025.

Kini, dengan menggandeng sang menantu, yakni Ridho Rahmadi sebagai Ketua Umum, Amien yakin partai ini bisa memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Melansir akun Youtube Amien Rais Official, Amien selaku pendiri sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, menandatangani dokumen pendirian partai di hadapan notaris dan melakukan konsolidasi awal.

Hal itu dilakukan dalam rangka memperkuat jaringan keummatan di seluruh pelosok Tanah Air. Deklarasi singkat itu kemudian ditutup oleh Amien dengan tiga kali takbir dan ucapkan kata merdeka.

Partai Ummat menyebutkan ada 99 orang pendiri partai dari 34 provinsi yang berkumpul di Yogyakarta untuk mendeklarasikan diri.

Amien pun menyatakan, partainya bersama anak bangsa lainnya akan bekerja, berjuang, dan berkorban untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

“Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan kehidupan nasional. Sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusional,” kata Amien dalam acara deklarasi yang ditayangkan melalui akun Youtube Amien Rais Official.

Sejumlah tokoh juga terlihat menghadiri acara deklarasi Partai Ummat di antaranya mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban, artis dan penyanyai senior Neno Warisman, serta mantan terpidana kasus UU ITE Buni Yani.

Nama-nama itu, sebelumnya telah disebutkan oleh Agung bergabung dalam Partai Ummat. Pertama, MS Kaban yang sebelumnya berada di PBB, kini bergabung Partai Ummat dan menjadi Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Namun, nama Neno Warisman dan Buni Yani tak masuk dalam susunan pengurus Majelis Syuro dan Dewan Pengurus Pusat Partai Ummat.

Usai deklarasi, Ketum Partai Ummat, Ridho Rahmadi menyatakan bahwa partainya terbuka terhadap semua kalangan masyarakat. Ia mempersilakan bagi siapa pun masyarakat yang ingin bergabung dengan partai ini untuk bergabung.

Ridho Rahmadi berusia 36 tahun. Ia lahir pada 13 April 1985. Sebelumnya, Ridho pun aktif menjadi dosen jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Ia meraih gelar doktor pada 2019 di Radboud University, salah satu universitas di Nijmegen, Netherlands.

Ridho memulai program doktor pada 2013, tak lama setelah lulus dari program master di Johannes Kepler University dan Czech Technical University.

Pada 2017, menantu Amien Rais ini melakukan visiting research di Amerika selama 5-6 bulan, lalu kembali ke Indonesia. Selain itu, Ridho juga disebut mengerjakan proyek Uni-Eropa.

Setiap tahunnya, Ridho melakukan assembly meeting bersama rekan-rekan dari empat negara lain yaitu Belanda, United Kingdom (UK), Prancis, dan Jerman.(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button