Nasional

Menko PMK Sebut PPKM Darurat Diperpanjang Sampai Akhir Juli

CIANJURTODAY.COM – Menteri Koordinator (Menko) PMK, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan diperpanjang sampai akhir Juli 2021.

Padahal, mulanya PPKM Darurat di Jawa dan Bali akan selesai pada tanggal 20 Juli 2021. Namun Muhadjir membocorkan bahwa pembatasan akan dilanjutkan 11 hari berikutnya atau sampai 31 Juli 2021.

“Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti di Sukoharjo sudah diputuskan Bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli,” ujarnya seperti diberitakan Kumparan, Jumat (16/7/2021).

Muhadjir menambahkan, selain PPKM Darurat yang diperpanjang sampai akhir Juli, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa akan ada risiko yang diseimbangkan. Selain meningkatkan disiplin warga untuk protokol kesehatan, juga penyaluran bansos.

Ia menyebut pemerintah tidak bisa memikul bansos sendiri dan meminta semua pihak gotong royong.

“Karena itu bansos itu tidak mungkin ditanggung negara sendiri oleh pemerintah. Gotong royong masyarakat. Termasuk civitas akademika UGM di bawah Pak Rektor, saya mohon gerakan untuk membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat PPKM ini,” tambahnya.

Ia juga berpesan agar saling bantu, saling bergandeng tangan, mengulurkan tangan, termasuk sedekah masker.

“Karena bagaimanapun masyarakat di bawah, masker barang yang mahal. Tidak mungkin kita meminta kesadaran melulu tanpa upaya kita membantu mereka,” tambahnya.(rez/bbs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button