ABOUT DESA

Menparkeraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Desa Wisata Cisande Sukabumi

SUKABUMITODAY.COM, Sukabumi – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Wisata Cisande, Kecamatan Cicantaian, Kabupaten Sukabumi, Minggu (5/9/2021).

Sandiaga mengatakan, desa wisata ini merupakan bagian dari salah satu upaya untuk menyiapkan beragam destinasi pariwisata, sebagai salah satu pendorong ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Seperti yang telah duketahui, pandemi Covid-19 telah memberikan banyak perubahan serta tatanan sosial masyarakat. Salah satu dampak besar yang harus diterima adalah industri pariwisata. Untuk itu, ekonomi kreatif dalam industri kreatif harus ditingkatkan untuk mendorong pendapatan masyarakat.

“Geliat ekonomi masyarakat harus didorong ditengah keterbatasan yang ada. Untuk itu lahirnya eknomi kreatif ditengah-tengah kita menjadi ujung tombak untuk keberlangsungan ekonomi
masyarakat,” kata Sandiaga.

Menurut Sandi, lahirnya desa wisata adalah sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kearifan lokal yang ada.

Kunjungan ini sebagai upaya kementerian untuk melihat kesiapan pemerintah desa dalam mempersiapkan potensi yang ada di wilayahnya. Selain itu juga kemampuan memberdayakan potensi yang ada, sehingga bisa berdaya guna untuk menunjang ekonomi masyarakatnya.

“Dengan hal ini saya sangat mengapresiasi berbagai lembaga sosial dan perusahaan yang turut serta dengan membangun desa berdaya, sehingga desa siap untuk menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat lokal dan sekitarnya. Terlebih disaat pandemi sekarang ini,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, CEO PT ODC Enterprise, Leo Sastra C.W mengatakan, hadirnya Desa Wisata Cisande ini merupakan sinergisitas pemerintahan dan fasilitator dari Emas Berlian Corporation dan Rumah Zakat dalam bentuk kemitraan. Untuk meningkatkan ekonomi kreatif melalui agrowisata dengan kearifan lokal masyarakat.

“Kami dari Emas Berlian Corporation sangat mendukung upaya pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberdayakan ekonomi kreatif di desa-desa,” kata dia.

“Kemitraan yang kami jalin bersama Rumah Zakat ini terwujud melalui pengembangan destinasi agrowisata Desa Cisande ini. Semoga hasil kerja sama baik kami dapat membawa banyak manfaat bagi Desa Wisata Cisande dan warga sekitar,” tambahnya.

Menurut Leo, program Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) ini sangat membantu, perusahaan untuk membangun kemitraan yang lebih terasa manfaatnya melalui program
pemberdayaan masyarakat ini.

Peran ODC Enterprise, Emas Berlian dan produk Emas Mini dan Gemini ini membantu dalam pendanaan seluruh program pemberdayaan masyarakat BUMMas yang dikelola oleh Rumah Zakat.

“Jadi nantinya dana tersebut dapat memberikan manfaat untuk membangun desa binaan yang kita pilih. Salah satunya adalah Desa Wisata Cisande ini,” tutupnya.(ren/*)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button