Today

Mensos Risma Temui Balita Pengidap Spina Bifida, di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Kadupandak – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Risma Rismaharini temui Devi shintya, seorang anak berusia 15 bulan yang sedang berjuang melawan penyakit Meningokel (Spina Bifida).

Hal itu ia lakukan dalam kunjungannya di Desa Gandasari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Kamis (12/5/2022).

Devi merupakan anak dari pasangan Hasan (68) yang berprofesi sebagai petani dan Sopiah (42) ini tergolong warga kurang mampu.

Baca Juga: Cek Bansos PKH Tahap 4 Cair, Klik Laman cekbansos.kemensos.go.id

Devi Shintya sering mengalami demam tinggi serta kejang-kejang dan pernah mendapat perawatan di puskesmas dan IGD sebanyak dua kali.

Balita malang tersebut sempat dianjurkan untuk ke Rumah Sakit, namun pihak keluarganya menolak karena takut dengan pandemi Covid-19.

Sopiah sang ibu mengaku, kondisi anaknya telah mengalami kelainan pada saat lahir.

“Melahirkan di Puskesmas Kadupandak, berat saat lahir 4.000 gram dengan kelainan congenital yakni benjolan di wajah dekat kedua mata, jari tangan dan kaki tidak lengkap,” ungkapnya.

Melihat malangnya nasib balita tersebut, Mensos Risma Rismaharini tinjau langsung ke rumahnya di Kadupandak Cianjur.

Dalam kunjungannya, Mensos mengaku prihatin dengan kondisi Devi shintya yang menderita kelainan. Di mana terdapat benjolan yang hampir menutupi hidung dan terlihat membentuk kantung.

Mensos Risma Beri Bantuan untuk Devi dan Keluarga

Mensos Risma mengatakan, balita yang baru berusia 15 bulan itu mengidap penyakit Meningokel (Spina Bifida). Ia pun telah memberikan penanganan medis untuk Devi di RS Santosa Bandung.

Selain itu, Risma pun memberikan bantuan berupa uang tunai untuk keperluan pengobatan dan perawatan di Bandung.

“Selanjutnya balita ini sudah mendapat penanganan medis dari RS Santosa Bandung. Karena kondisi pasien belum stabil maka operasi di undur terlebih dahulu,” ungkap Risma kepada wartawan.

Risma menambahkan, pihaknya pun merasa prihatin dengan keadaan rumah dari orang tua Devi Shintya, sehingga ia memberikan bantuan modal usaha.

“Itu warung sekaligus rumahnya dengan lantai tanah dan status tanahnya milik desa,” kata dia.

Sementara itu, Camat Kadupandak Ahmad Riadi menuturkan, pihaknya dan Dinsos Cianjur tengah mengupayakan jaminan kesehatan untuk Devi Shintya.

Baca Juga: Aksi Blusukan Mensos Risma Setingan, Netizen Tuding Ada Kebohongan Publik

“BPJS sedang proses, nantinya ini bisa mereka gunakan untuk pengobatan,” singkatnya. (ren)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button