Today

Meski Boleh Lepas Masker, Bupati Cianjur Minta Warga Waspada Hal Ini

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) telah izinkan masyarakat untuk lepas masker saat berada di luar ruangan yang tidak padat orang atau berkerumun.

Pemerintah Kabupaten Cianjur pun bakal mengikuti kebijakan tersebut. Namun Pemkab tetap meminta masyarakat tetap waspada mengingat Covid-19 masih ada.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan, Pemkab Cianjur akan menjalankan kebijakan sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, yakni mengizinkan masyarakat tidak menggunakan masker di ruang terbuka.

Baca Juga: Asik! Pemerintah Longgarkan Pemakaian Masker

“Secara umum kita ikuti kebijakannya,” ungkap dia kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Namun, lanjut Herman, masyarakat tetap perlu waspada mengingat Covid-19 masih ada.

“Kita sudah mendapat kelonggaran, tapi jangan abaikan juga. Karena kita tidak tahu apakah sudah benar-benar tidak ada atau masih ada di sekitar kita,” ungkap dia.

Herman meminta warga yang sakit agar tetap menggunakan masker jika keluar rumah, sehingga tidak menularkan penyakit baik virus Covid atau virus lainnya yang mudah menular.

“Kalau yang sehat silakan tidak menggunakan masker di ruang terbuka. Tapi kalau yang sakit ya tetap gunakan masker, jangan sampai lingkungan kita ikut sakit,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr Irvan Nur Fauzy, menuturkan, saat ini Cianjur nol kasus Covid-19. Namun Pemkab terus waspada untuk melakukan pengecekan.

“Kita nol kasus, tapi kemungkinan muncul lagi kasus masih ada. Kemarin kan saat lebaran pemudik banyak berdatangan. Makanya kita masih terus pantau hingga 14 hari setelah lebaran,” ucap dia.

Dinkes juga akan terus menggenjot vaksinasi, mulai dari dosis pertama hingga booster.

Baca Juga: Membahayakan! Tim K3 Cipanas Minta Warga Tidak Buang Sampah Masker Sembarangan

“Untuk dosis pertama capaian sudah 96 persen, dosis kedua 90 pertama, dan booster atau dosis ketiga sudah diangka 20 persen. Kita akan terus genjot vaksinasi untuk menumbuhkan herd immunity,” tandasnya. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami