Gaya Hidup

Mitos Gerakan Sit Up Bisa Kecilkan Perut Buncit, Cek Faktanya!

CIANJURTODAY.COM – Banyak upaya yang dilakukan orang-orang agar perutnya tidak terlihat buncit. Salah satu yang dilakukan adalah dengan latihan sit up. Namun, tahukah kamu jika melakukan latihan tersebut secara terus-menerus tidak akan membuat perutmu menjadi kecil?

Sit up rupanya bukanlah olahraga yang efektif mengecilkan perut buncit. Gerakan sit up hanya efektif membentuk otot perut, bukan membakar lemak. Jadi, jangan bermimpi memiliki perut rata jika hanya melakukan sit up.

Lemak sebenarnya berada di dalam lapisan tersembunyi di perut. Lemak biasanya menyelimuti organ dalam, seperti hati dan usus yang disebut dengan nama lemak visceral. Sementara bagi yang ingin membakar lemak semestinya melakukan latihan ekstra, bukan hanya sit up.

Lemak di perut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, asupan makan tidak seimbang, kurang tidur, olahraga berlebih, dan penurunan massa otot yang biasanya dikaitkan tingkat metabolisme yang tinggi.

Jika faktor kurang tidur dan stres menjadi yang utama, maka latihan sit up rutin pun akan sia-sia dalam menghilangkan perut buncit. Karena proporsi lemak yang lebih besar di sekitar perut dikaitkan dengan kadar kortisol (hormon stres) yang tinggi dalam tubuh.

Demi membantu menghilangkan lemak di perut, Rutherford menyarankan untuk melakukan latihan kardio secara bervariasi. Sertakan latihan kekuatan dengan gerakan untuk seluruh tubuh. Cukupilah 7-9 jam tidur dalam semalam dan sebisa mungkin lakukanlah meditasi untuk merileksasikan tubuh dan pikiran.

Jadi, anggapan sit up sebagai latihan efektif membakar lemak perut hanyalah mitos. Olahraga terbaik untuk membakar lemak adalah angkat beban. Semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar.

Sejumlah hasil penelitian menyebut latihan angkat beban secara rutin meningkatkan metabolisme tubuh hingga 15 persen. Selain itu, Anda bisa melakukan plank untuk membentuk otot dan memperkuat sendi.

Tak kalah pentingnya adalah menjaga pola makan. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak, serta garam tinggi. Perbanyaklah konsumsi protein untuk mempercepat pembentukan otot.

Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk mengecilkan perut:

  1. Jogging

Jogging atau lari santai merupakan salah satu aktivitas fisik yang praktis dan mudah dilakukan. Tak hanya praktis, jogging juga termasuk olahraga yang dinilai efektif untuk membakar lemak perut, lho! Anda disarankan melakukan olahraga ini selama 20-30 menit, setiap 3-4 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit.

  1. Berenang

Berenang menjadi salah satu rekomendasi olahraga untuk mengecilkan perut karena dapat membakar lemak tubuh secara bertahap. Tak hanya untuk mengecilkan perut, berenang juga baik untuk memelihara kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kualitas tidur.

Agar ukuran perut dapat mengecil, Anda disarankan untuk berenang selama sekitar 20-30 menit sebanyak minimal tiga kali seminggu. Sebelum berenang, jangan lupa untuk melakukan pemanasan setidaknya selama 10 menit.

  1. Senam Aerobik dan Zumba

Beberapa jenis senam, seperti senam aerobik dan zumba, yang banyak tersedia di kelas senam atau pusat kebugaran juga merupakan jenis olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut. Tak hanya itu, senam aerobik juga baik untuk memperkuat sendi dan tulang, memperbaiki mood, dan meredakan stres.

  1. Yoga dan Pilates

Berbagai gerakan yoga dan pilates terbukti efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Olahraga ini tidak hanya mampu menghilangkan lemak di perut, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat, berenergi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi stres.(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks