Info Mudik 2019

Mudik Lewat Cianjur, Waspadai Enam Titik Rawan Macet Ini

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kabupaten Cianjur menjadi jalur yang terkena dampak sistem satu arah Tol Trans Jawa pada mudik 2019. Kendaraan dari arah Jawa Tengah atau Bandung yang akan menuju Jabodetabek yang biasa melalui ruas tol, diprediksi akan melintas ke Cianjur. Hal itu diprediksi akan terjadi kemacetan di beberapa titik.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur mendata, setidaknya ada enam titik rawan macet utama di jalur mudik Kabupaten Cianjur. Hal itu diungkapkan oleh Kasi Manajemen dan Rekaya Lalu Lintas Dishub Cianjur, Muhammad Iqbal, saat diwawancara, baru-baru ini.

“Mulai Pasar Ciranjang, kemudian simpang Tungturunan, lalu simpang Ramayana, bundaran Tugu Gentur, kemudian simpang Tugu Bubur Pacet, dan Pasar Cipanas,” paparnya.

Baca Juga: PT KAI Daop 2 Siapkan Posko Angkutan Lebaran 2019

Iqbal mengatakan, ada beberapa faktor penyebab kemacetan selain volume kendaraan yang membludak. Misalnya pertemuan aus lalu lintas dan pedagang.

“Selain volume kendaraan itu, di antaranya karena pusat kegiatan perdagangan dan toko, juga pertemuan arus lalin di simpang minor dan mayor. Sampai adanya hambatan samping, misalnya pedagang kaki lima (PKL),” tuturnya.

Tekan Volume Kendaraan di Titik Rawan Macet Cianjur

Dinas Perhubungan bersama Polres Cianjur berencana untuk membuat rekayasa lalu lintas. Misalnya dengan buka tutup jalan dan contra flow di wilayah Ciranjang. Tepatnya mulai di pintu rel kereta Cipeuyeum, Haurwangi, Cianjur.

Baca Juga: Polres Cianjur Cek Jalur Alternatif Jelang Mudik Lebaran

“Kami akan pecah jalur di Jalan Nasional ke Jalan Sukaluyu, untuk yang akan menuju kota, Cipanas dan sekitarnya. Untuk yang akan menuju Bogor dan Jakarta akan diarahkan ke Jonggol atau Sukabumi,” tuturnya.

Dishub Cianjur, sambung Iqbal, sudah menyiapkan berbagai fasilitas lalu lintas demi keamanan para pengendara saat mudik lebaran nanti.

“Kami sudah menyiapkan Rambu Portable, Penerangan umum, alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL. Kami pun akan membuat pos traffic counting tepatnya di Hawurwangi, dan akan diberlakukan mulai besok,” tuturnya. (ct1)

Baca Selengkapnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan