Today

Negatif Corona, Kondisi Dua Pasien di RSHS Bandung Membaik

CIANJURTODAY.COM, Bandung – Setelah dinyatakan negatif, kondisi dua pasien yang sempat diduga terpapar corona di Bandung mulai membaik. Pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengumumkan hasil laboratorium spesimen dahak dua pasien pada Kamis (30/1/2020).

Kedua pasien HG (35) dan HA (24). Sejauh ini kondisinya membaik setelah beberapa hari diisolasi. 

“Secara resmi RSHS Bandung telah menerima hasil pasien HG dan HA adalah negatif (corona),” kata Dirut RSHS Bandung, Nina Susana Dewi kepada wartawan, Kamis (30/1/2020).

Sebelumnya RSHS menerima dua pasien suspect virus Corona. Setelah mendapatkan perawatan di ruang isolasi kemudian sampel keduanya dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan, untuk dilakukan pemeriksaan pada 27 Januari 2020.

Pasien pertama HG, merupakan warga China yang sebelumnya melakukan perjalanan ke China. Lalu sepulangnya dia mengalami demam tinggi sehingga dirujuk ke RSHS.

Nina mengatakan setelah mendapat perawatan, pasien didiagnosa hanya mengalami infeksi saluran pernafasan. HG saat ini sudah keluar dari Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK).

Sedangkan pasien kedua merupakan WNI. Dirinya dirujuk ke RSHS setelah kejang-kejang dan demam tinggi sepulang dari Singapura untuk pengobatan penyakit epilepsinya.

Kondisinya saat ini membaik, tetapi masih harus menggunakan alat bantu pernafasan. “Sementara HA masih berada di ruang isolasi karena masih menggunakan alat bantu pernafasan. Tapi secara umum kondisinya membaik,” ungkap Nina.

Dokter Laboratorium RSHS Bandung, Basri Andriyoko, menjelaskan alasan proses uji lab spesimen kedua pasien berlangsung dua kali. Hal ini dilakukan untuk memastikan hasilnya akurat.

“Jadi kenapa agak lama karena prosesnya dua kali. Ini memastikan uji lab akurat,” ujar Basri.(ct2/rez)

Sumber: Detik.com
Foto: Ayobandung

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button