Ramadan Today

Ngeri! Ini Hukuman Bagi Orang yang Sengaja Batal Puasa

CIANJURTODAY.COM, Cianjur — Puasa Ramadan merupakan salah satu kewajiban umat muslim. Kewajiban tersebut tertera pada rukun Islam yang ketiga. Wahid Ali, salah seorang ulama di Cianjur, menjelaskan mengenai hukuman paling mengerikan yang akan menimpa orang yang batal puasa dengan sengaja.

“Jelas jika ditinggalkan adalah dosa besar namun tidar termasuk kafir. Hukuman yang paling ditakutkan adalah saat Allah mulai mengabaikan kita dengan memberikan segala yang kita inginkan padahal jarang beribadah, itulah Istidraj,” paparnya.

Istidraj, lanjut Wahid, merupakan situasi di mana kita diberi segalanya oleh Allah di dunia, namun akan dijatuhkan di akhirat kelak. “Allah akan memberikan kita segalanya, harta dan lain-lain. Tapi, itu di dunia. Di akhirat nanti, apa yang kita lakukan tetap harus dipertanggung jawabkan. Itu yang ditakutkan, Allah mulai mengabaikan kita, membiarkan kita,” tuturnya.

Kasih sayang Allah kepada hambanya adalah dengan memberinya cobaan. Bentuk cobaan itu ada dua, berupa kebaikan atau keburukan. “Jabatan itu apa? Cobaan, kan. Sama seperti harta, itu semua adalah cobaan. Tergantung bagaimana kita menyikapinya, tergantung niat,” kata dia.

Wahid mengatakan, puasa merupakan salah satu tiang agama, jika ditinggalkan maka tidak sempurnalah bangunannya. “Kan masuk rukun Islam ya puasa itu. Ibaratnya sebuah bangunan yang membutuhkan lima pilar, kalau salah satu pilar tersebut hilang, otomatis mudah runtuh itu bangunannya,” ucapnya.

Rukun Islam dapat diibaratkan sebuah pohon. Jika di akarnya sudah kuat, jika dasar agamanya kuat, maka tangkainya akan menjulang, dahannya berdaun lebat, berbunga akhirnya berbuah.(ct1)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan