CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sejumlah sopir bus Cianjuran rela menginap di Terminal Pasirhayam untuk menunggu penumpang. Pantauan di terminal Rabu (5/8/2020) hanya ada beberapa bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) yang ada di sana. Selain itu, bus elf Cianjur selatan pun terlihat padat namun sepi penumpang.

Salah seorang sopir bus Cianjur – Kampung Rambutan, Jejen (47), mengatakan, saat ini penumpang masih ada walaupun tidak sebanyak waktu-waktu sebelumnya. Namun, terkadang ia harus menginap di Jakarta untuk menunggu penumpang.

“Kalau sekarang bukan sekari, kadang dua hari baru berangkat, kemarin berangkat jam 11 ini baru sampai ke sini lagi hari ini. Nginep di Jakarta,” katanya saat ditemui Cianjur Today, Rabu (05/08/2020)

Iamenjelaskan, protokol kesehatan di dalam bus masih diterapkan. Kru bus sudah mendapatkan surat kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19

“Suhu juga di sini di cek, masker dipakai. Penumpang juga masih dikurangi, biasanya bisa sampai 30 tapi cuma ngambil 15 penumpang,” jelas dia.

Berbeda dengan Cecep (35), sopir bus Cianjur – Sindangbarang ini sudah satu malam menginap di terminal karena sepi penumpang. Ia pun menjelaskan kondisi ini telah dialaminya sejak Covid-19 merebak.

“Saya nginep di sini baru satu malem, tapi masih belum ada. Kadang ada tapi cuma satu, tapi gak ada buat setoran,” katanya.

Ia pun berharap, kondisi bisa kembali normal. “Memang dari awal juga, di elf mah gak ada protokol khusus, paling pakai masker. Harapannya mah pengen normal lagi.” tukasnya.(afs/rez)