Today

Nyekar, Pemakaman di Cipanas Ramai Didatangi Peziarah

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Sudah menjadi tradisi, setiap menjelang Ramadan, tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Limus di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur selalu didatangi peziarah.

Puluhan warga mendatangi pemakaman yang terletak di Jalan Cipanas, Desa Sindanglaya, ini untuk berziarah atau nyekar.

Eeng Hermawan (38), seorang penjaga makam mengatakan, TPU Tegal Limus Desa Sindanglaya ini hampir selalu dipadati peziarah menjelang bulan Ramadan.

“Kalau menjelang Ramadan selalu ramai, terutama dari kemarin hari Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ujar Eeng, Senin (12/4/2021).

Dia mengatakan, peziarah akan terus berdatangan ke pemakaman hingga sehari menjelang Ramadan dan saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Banyaknya peziarah ini mendatangkan berkah tersendiri bagi Eeng sebagi penjaga makam.

“Ya biasanya, saya hanya dapat Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per bulan. Tetapi saat ini, saya bisa mengantongi Rp 50 ribu per hari. Kalau ada yang ngasih itu sedikasihnya,” tambahnya.

Peningkatan jumlah peziarah itu, menurut Eeng, biasa terjadi setiap tahunnya apabila menjelang puasa atau hari besar Islam lainnya.

Salah satu peziarah, Lutfi (30) mengaku sengaja berziarah di bulan Syaban atau menjelang puasa. Tujuannya hanya untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.

“Saya bersama keluarga mendatangi makam kakek buyut dan kakaknya hanya menggelar doa bersama untuk mendoakan,” tandasnya.(ct6/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks