Gaya Hidup

Obat Alami Buat Insomnia Ini Bisa Kamu Cobain Dengan Gampang

CIANJURTODAY.COM – Buat kamu yang susah tidur dan susah tidur nyenyak yang berkelanjutan alias Insomnia, ada obat alami yang ampuh, lho. Terlebih buat kamu yang khawatir sama obat-obat berbahan kimia.

Penyakit sudah tidur ini ternyata punya bahaya yang serius buat tubuh kamu. Kekurangan jam tidur bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes, stroke sampai obesitas. Parah, ya.

Biasanya , faktor luar bisa bikin kita susah tidur sampai menderita insomnia. Efeknya, semakin banyak orang yang kesehatannya menurun akibat kurang tidur.

Kalau kamu menderita insomnia, gak usah repot-repot ke apotek. Soalnya, banyak, kok, bahan-bahan herbal yang bisa dijadikan obat tidur buat kamu.

Obat Insomnia Alami yang Mudah Didapatkan

Nah, untuk itu Cianjur Today rangkum 7 obat alami yang bisa bikin Insomnia kamu mampus.

Teh Herbal

Teh herbal kayak teh chamomile bisa bantu kamu tidur lebih cepat. Soalnya, chamomile punya kandungan flavonoid apigenin yang bikin tenang otak dan mengurangi kecemasan. Jadi, bisa bikin kamu gampang tidur.

Cukup minum secangkir teh chamomile usai makan malam. Jangan minum terlalu mepet sama waktu tidur supaya tidak kebangun di malam hari dengan alasan pengin buang air kecil.

Susu Hangat

Sebelum kamu tidur, minum satu gelas susu hangat, awas panas. Susu punya kalsium yang tinggi dan bisa merangsang otak memproduksi hormon melatonin. Hormon itu membantu kamu buat tidur lebih cepat.

Lavender

Harum lavender yang bikin santuy ternyata bisa jsdi obat tidur tradisional yang ampuh, loh. Studi menemukan, menghirup harum minyak lavender selama 30 menit sebelum tidur bisa bantu mengobati insomnia ringan.

Glycine

Glycine itu asam amino yang berperan membantu tubuh biar tidur lelap setiap malam. Glycine juga dapat menurunkan suhu tubuh ketika menjelang malam. Hal itu menandakan bahwa kamu udah siap buat tidur.

Kamu bisa memenuhi asupan glycine dari makanan dan suplemen. Makanan yang punya kandungan glycine adalah daging, telur, ikan, kacang-kacangan, bayam, kale, pisang, kiwi dan lain-lain.

Tryptophan

Makanan yang mengandung tryptophan bisa juga jadi obat amnesia alami buat kamu. Tryptophan itu adalah asam amino yang menghasilkan serotonin. Zat itu bisa diubah jadi melatonin.

Makanan yang punya kandungan tryptophan di antaranya ialah biskuit cracker, bibit gandum, kuaci dan pisang.

Akar Valerian

Sebenarnya, Akar Valerian udah lama banget dimanfaatkan sebagai obat tidur herbal di Amerika Serikat juga Eropa. Tanaman herbal ini bisa bikin kamu tenang bahkan bisa bantu kamu tertidur.

Magnesium

Studi mengatakan, apabila tubuh kekurangan magnesium dapat membuat kita insomnia bahkan tidur kurang nyenyak. Soalnya, magnesium punya kemampuan meregulasi produksi melatonin, hormon yang bertugas mengatur siklus tidur.

Kamu bisa memenuhi asupan magnesium dari makanan. Makanan yang mengandung magnesium di antaranya, sayuran hijau, pisang, almond dan gandum.

Kalau 7 obat imsomnia alami tadi nggak mempan, kamu bisa mengubah gaya hidup supaya bisa tidur lebih cepat dan lelap. Kayak olahraga yoga, meditasi atau membatasi tubuh dari asupan alkohol, kafein dan nikotin.

Nggak cuma itu, matikan layar TV, ponsel atau laptop. Soalnya cahaya biru bisa ganggu siklus tidur kalian. Padahal bukan cuma sinar biru, Chat WhatsApp doi juga bisa bikin kamu susah tidur.(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker