Today

One Way Cianjur-Bogor Terus Diberlakukan Selama Weekend, Macet Sampai Berjam-jam!

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Pemberlakuan one way atau satu arah di perbatasan Cianjur-Bogor selama weekend, terus dilakukan. Bahkan, hingga Minggu (3/10/2021) sore, antrean kendaraan terpantau sangat panjang.

Kemacetan kendaraan, didominasi oleh pengendara roda dua dan empat berpelat nopol luar Cianjur. Seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, dan kota lainnya.

Melansir Instagram @tmcpolresbogor, pada Minggu (3/10/2021) terjadi kepadatan lalu lintas di Jalur Puncak, karena Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan one way.

Hal tersebut untuk memprioritaskan kendaraan yang akan turun (Puncak-Jakarta).

“Pelaksanaan one way diawali dengan penutupan arus lalu lintas dari arah bawah (Jakarta-Puncak) titik Pos Polingga (Intercange Puncak-Ciawi) dan SPBU Patung Ayam pada pukul 12.30 Wib,” tulis akun @tmcpolresbogor.

“Waktu pemberlakuan one way ke arah bawah (Puncak-Jakarta), melihat situasi arus lalu lintas,” sambungnya.

Proses pembukaan satu arah ke bawah (Puncak-Jakarta) membutuhkan waktu sekitar 60 menit. Sesuaikan juga dengan pemberlakuan ganjil genap.

“Hari ini kendaraan yang berkenan melewati Jalur Puncak adalah bernomor polisi akhir ganjil,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang pengendara asal Jakarta, Hendrik Susilo (34) mengatakan, ia terjebak macet selama satu jam lebih di kawasan Cipanas, saat akan menuju Jakarta.

“Saya sudah dari kemarin di Cianjur untuk berlibur bersama keluarga, karena wisata sudah dibuka kembali. Saat akan pulang ke Jakarta, malah terjebak macet, bahkan sudah satu jam lebih saya di sini,” ujarnya saat di wawancarai di lokasi kemacetan, Minggu (3/10/2021).

Hal serupa dialami wisatawan asal Bogor, Hasib Muslihat (25) yang menuturkan, ia terjebak macet hingga dua jam lebih dari Cianjur menuju Bogor.

“Ini saya habis dari Kebun Raya Cibodas. Pas pulang ke arah Puncak, kondisi macet parah. Saya hampir dua jam nunggu di sini kang,” singkatnya.

Menurutnya, harus ada solusi untuk mengatasi kemacetan di kawasan Cianjur-Bogor, karena One Way ini malah makin membuat parah kemacetan.

“Harus ada solusi yang lebih baik, agar kemacetan tidak separah ini terus setiap weekend,” paparnya.

Polres Cianjur Siagakan Personel di Enam Titik Pos Penjagaan

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom mengatakan, Polres Cianjur dan Bogor tengah melaksanakan one way atau satu arah untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Selain itu, dalam pemberlakuan one way ini, pihaknya sudah menerjunkan sekitar 32 personel untuk menertibkan pengendara di lokasi kemacetan.

“Saat ini kami sudah terjunkan 32 personel untuk menertibkan pengendara, agar kemacetan tidak terlalu panjang dan cepat lancar kembali,” ujar Anom, kepada Cianjur Today, Sabtu (2/10/2021).

Menurutnya, semua personel tersebut diterjunkan di beberapa titik yang padat kendaraan seperti: Pos Segar Alam, Pos Bumi Aki, Pos Hanjawar, Pos, RSUD Cimacan, Pos 55 Cipanas, dan Tugu Bubur Pacet.

“Dari 32 personel dan beberapa titik ini, yang banyak diterjunkan itu di Pos Hanjawar, Pasar Cipanas, dan Tugu Bubur Pacet,” ucapnya.

Selain itu, Anom mengimbau kepada seluruh masyarakat Cianjur dan luar Cianjur untuk tetap menjaga keselamatan saat berlalu lintas.

“Apa lagi pada saat weekend tiba, pasti akan terjadi kepadatan kendaraan. Karena wisatawan sudah mulai berdatangan lagi ke wilayah Cianjur,” tuturnya.

Anom pun meminta seluruh pihak untuk mematuhi protokol kesehatan, agar bisa menghindari penularan Covid-19.

“Patuhi semua peraturan dan tetap jaga prokes dengan baik,” tutupnya.(sis/ren)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button